Personel Polri Dicatut Sebagai Anggota Parpol

98

KEBUMEN—Proses verifikasi keanggotaan partai politik peserta pemilu 2019 di Kabupaten Kebumen, masih banyak ditemui kejanggalan. Salah satunya, adanya sejumlah anggota Polri yang tercatat sebagai anggota parpol.

Saat diverifikasi, kelima anggota Polri tersebut, baru tahu namanya tercatat sebagai anggota parpol. KPU setempat juga menemukan 776 data ganda anggota parpol saat verifikasi administrasi.

Komisioner KPU Kebumen Divisi Hukum dan Pengawasan, Solahudin mengatakan, untuk yang anggota Polri, pihaknya telah mendatangi rumahyang bersangkutan. Hasil verifikasi, mereka tidak pernah menjadi anggota parpol seperti dalam data yang diterima oleh KPU. “Yang bersangkutan (anggota Polri) saat kami temui baru tahu jika sebagai anggota partai politik,” kata Solahudin, Minggu (12/11).

Bagaimana dengan data ganda keanggotaan parpol?

Solahudin menyampaikan, hampir terjadi di semua parpol, baik yang baru maupun parpol peserta pemilu sebelumnya.

Temuan data ganda itu tersebar di 26 kecamatan. Verifikasi faktual melibatkan Panwas setempat. Dikatakan, verifikasi faktual akan dilakukan hingga 15 November 2017. “Keesokan harinya, pada 16 November 2017, kami akan serahkan hasil verifikasi kepada masing- masing parpol.” (jpg/isk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here