HIV/AIDS Tinggi, Raperda Dikebut

122

MAGELANG—Sebanyak 119 warga Magelang menderita HIV/AIDS. Catatan dari Dinas Kesehatan Kota Magelang mengungkap, tercatat 112 penderita HIV sejak 2004 silam. Jumlah ini terus bertambah secara kumulatif dengan penderita baru yang terus bermunculan.

“Tahun per tahun memang mengalami peningkatan, karena kumulatif terus bertambah. Tahun ini saja sebanyak 119 orang yang tercatat,” kata Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kota Magelang Yis Romadon kepada wartawan, kemarin.

Yis menyampaikan, penyebaran HIV hampir merata di seluruh kelurahan. Terbanyak, di Kelurahan Rejowinangun Selatan sebanyak 16 kasus, disusul Kelurahan Tidar Utara (15) dan Magersari sebanyak 11 kasus. Penderitanya, didominasi usia produktif, 20-29 tahun. “Karena itu, perlu diwaspadai segera,” kata Yis.

Terkait masih munculnya pandangan negatif masyarakat terhadap ODHA, kalangan DPRD Kota Magelang tengah membahas Raperda Penanggulangan HIV/AIDS. Aturan ini sebagai upaya melindungi para ODHA.

Ketua DPRD Kota Magelang, Budi Prayitno mengatakan, Raperda Penanggulangan HIV/AIDS di Kota Magelang masih terus dikebut. Dikatakan, produk hukum ini nantinya akan menitikberatkan pada upaya pencegahan. Juga melindungi hak-hak para ODHA. DPRD sudah membentuk Panitia Khusus untuk membahas Raperda dimaksud. (jpg/isk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here