Peluang Kerja Terbuka Lebar

43
MoU : Ketua Yayasan Bina Wiyata Mandiri, Shofa Chasani (kiri) melakukan nota kesepahaman dengan Direktur Politeknik Bina Trada Semarang Prof Soemantri (kanan) kemarin. (Nur Wahidi/Jawa Pos Radar Semarang)
MoU : Ketua Yayasan Bina Wiyata Mandiri, Shofa Chasani (kiri) melakukan nota kesepahaman dengan Direktur Politeknik Bina Trada Semarang Prof Soemantri (kanan) kemarin. (Nur Wahidi/Jawa Pos Radar Semarang)

SEMARANG– Peluang kerja bagi mahasiswa Politeknik Bina Trada Semarang masih terbuka lebar. Pasalnya, di rumah sakit di Jawa Tengah sendiri masih membutuhkan sekitar 30 ribu tenaga tranfusi darah.

“Itu masih di Jawa Tengah saja sedangkan daerah lain tentunya membutuhkan karyawan yang lebih banyak sehingga peluangnya sangat besar sekali,” kata Direktur Pembinaan Kelembagaan Pendidikan Tinggi Dr. Totok Prasetyo, usai memberikan materi dalam pembukaan kampus Politeknik Bina Trada Semarang, kemarin.

Totok mengatakan, Politeknik ini membuka tiga program studi (prodi), salahsatunya jurusan Tranfusi Darah, dimana jurusan itu masih langka di Indonesia dan Kota Semarang merupakan kota kedua setelah Surakarta.

“Ini merupakan pendidikan vokasi dan presiden meminta agar semakin banyak, artinya makin banyak pendidikan vokasi yang harusnya ada di Indonesia,” paparnya.

“Jadi keahlian ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, sehingga PMI melakukan inisiasi. Dan yang membedakan dengan pendidikan kesehatan lainnya karena tugasnya yang berbeda,” tambahnya.

Seperti jurusan Tranfusi Darah dan Rekam Medis merupakan teknisi untuk mengoperasikan PMI secara khusus untuk membuat darah berkualitas.

“Untuk program D3 di Semarang ini baru kali pertama. Sedangkan di Surakarta hanya D1. Sementara di Indonesia ada lima Jakarta, Jogya, Surakarta, Solo dan Semarang,” paparnya.

Ketua Yayasan Bina Wiyata Mandiri, Dr. dr. Shofa Chasani berharap Politeknik Bina Trada Semarang bisa mencetak lulusan terbaik. Butuh kerja keras dan kerja smart untuk menciptakan lulusan yang handal dan mampu berhsaing. (hid/zal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here