Terus Genjot Regenerasi Atlet

179

SEMARANG–Kejuaraan nasional xiangqi (catur tradisional cina)  yang akan digelar di Semarang,  pada Selasa-Minggu (14-19/10). Persatuan Xiangqi Indonesia (Pexi)  Pengprov Jawa Tengah tahun ini ditunjuk selaku tuan rumah penyelenggara oleh Pengurus Besar Pexi.

Kejunas xiangqi tahun ini rencananya akan diikuti oleh delapan provinsi, dan akan diadakan di Hotel Gets Jalan MT Haryono. Dalam kejuaraan yang  memperebutkan trofi PB Pexi untuk juara umum beregu. Selain itu juga akan dipertandingkan untuk kategori perorangan senior putra, junior putra, dan kategori putri dengan sistem swiss tujuh babak. Disamping trofi,  juga diberikan hadiah uang pembinaan untuk juara 1 sampai juara 8 masing-masing lategori.

Ketua Pengprov Pexi Jateng,  Ir Bambang Wuragil Untung mengatakan, ditunjuknya kota Semarang sebagai tuan rumah berdasarkan hasil rakernas PB Pexi yang berlangsung tahun lalu, dan ini merupakan sebuah kehormatan sekaligus kebanggaan bagi Pexi Jateng.

“Kegiatan ini menjadi momen istimewa untuk memperkenalkan dan memasyarakatkan  olahraga xiangqi di Jawa Tengah. Terlebih Pexi Jateng telah menjadi anggota KONI Jawa Tengah sebagai salah satu cabang olahraga di KONI Jawa Tengah, ” katanya.

Selain menerjunkan atlet,  menurutnya,  Pexi Jateng juga terus aktif mencari bibit-bibit atlet muda untuk regenerasi. Dibandingkan Pengprov Pexi lain,  Pengprov Pexi Jateng merupakan yang pertama bergabung ke KONI Provinsi setempat.

“Melalui kegiatan ini tentunya dapat menjadi modal untuk terus mencari bibit atlet xiangqi agar bisa berbicara di ajang Nasional bahkan kalau perlu regional. Untuk itu kita perlu terus mencari atlet muda untuk regenerasi, ” katanya.

Kejurnas itu sendiri rencana akan dibuka oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, dihadiri Ketua Umum PB Pexi Anton Gozelie.(hid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here