Promosikan Desa Melalui Website

135
PROMOSIKAN WISATA: Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang bersama anggota DPR RI, Harry Poernomo, meluncurkan website Desa Wisata Pogalan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang. (IST)
PROMOSIKAN WISATA: Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang bersama anggota DPR RI, Harry Poernomo, meluncurkan website Desa Wisata Pogalan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang. (IST)

MUNGKID—Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang membantu memfasilitasi kegiatan kepariwisataan di Kabupaten Magelang. Terbaru, mereka meresmikan Information Communication dan Technology (ICT) Desa Pogalan, Kecamatan Pakis. Sekaligus, meluncurkan website dan portal Desa Pogalan, pada Kamis (9/11) lalu.

Dengan diresmikannya ICT dan peluncuran website potensi desa, masyarakat bisa mengakses potensi wisata Desa Pogalan. Seperti top selfie, taman wisata Grenden secara gratis. Adapun web-nya adalah pogalan.desa.id.

Kegiatan peresmian yang dilakukan di kantor Kades Pogalan, merupakan salah satu bentuk pengabdian dosen UM Magelang: Yun Arifatul Fatimah, MT, Ph.D. dan Bambang Pujianto, M.Kom. “Kegiatan ini merupakan program diseminasi teknologi yang dilakukan oleh UM Magelang kerjasama Ristekdikti dan Komisi VII DPR RI,” kata Yun yang juga ketua panitia kegiatan.

Yun menambahkan, selain meresmikan website dan portal Desa Pogalan, UM Magelang juga telah membangun jaringan infrastruktur intranet dan internet untuk mendukung Desa Pogalan sebagai Desa Wisata Tanggap Informasi.

Selain itu, UM Magelang juga melakukan pelatihan Bahasa Inggris dan bank sampah untuk mewujudkan Desa Pogalan menjadi Desa Wisata yang bersih dan berkelanjutan. “Harapannya, Desa Pogalan mampu menjadi desa wisata yang mandiri, bersih, dan maju. UM Magelang siap untuk mendampingi Desa Pogalan menjadi Desa Wisata yang diharapkan. ” ungkap Yun yang juga Dekan FT UM Magelang.

Rektor UM Magelang, Ir. Eko Muh. Widododi MT dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan ajang penelitian dan pengabdian masyarakat. Melalui pengabdian tersebut, keberadaan UM Magelang dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

Eko juga berharap dengan adanya website desa, maka Pogalan semakin dikenal masyarakat Indonesia bahkan dunia. Launching website dan portal Desa Pogalan, dibuka oleh anggota Komisi VII DPR RI, Ir. Harry Poernomo. (vie/sct)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here