Pedagang Alun-Alun Banjarnegara Masih Trauma

146
PUTING BELIUNG: Sejumlah pekerja sedang memotong batang pohon beringin di Alun-alun Banjarnegara yang tumbang dan menewaskan seorang warga, Rabu (8/11) lalu. (DOK RADAR BANYUMAS)
PUTING BELIUNG: Sejumlah pekerja sedang memotong batang pohon beringin di Alun-alun Banjarnegara yang tumbang dan menewaskan seorang warga, Rabu (8/11) lalu. (DOK RADAR BANYUMAS)

BANJARNEGARA – Para pedagang di Alun-alun Banjarnegara masih merasa waswas usai musibah angin puting beliung yang merobohkan pohon beringin dan mengakibatkan satu orang meninggal dunia, Rabu (8/11) lalu. Apalagi saat ini masih ada pohon beringin yang berada di pojok barat laut, dekat SMP Negeri 1 Banjarnegara.

Yayuk, salah satu pedagang alun-alun mengaku trauma. Ia mengaku sangat beruntung karena bisa selamat dari kejadian kemarin.

“Rasanya ngeri sekali melihat angin yang begitu kencang bisa merobohkan pohon beringin yang sangat besar. Tentu masih trauma dan takut karena masih ada pohon beringin juga di sini,” katanya.

Sementara Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono mengatakan, sampai saat ini sejumlah pohon di alun-alun masih dalam kondisi rimbun. Antara lain pohon beringin yang berada di pojok barat laut dekat SMP Negeri 1 Banjarnegara. “Saya sudah instruksikan kepada Dinas PU dan PR agar segera memangkas pohon yang rimbun. Sebab saat ini sering terjadi angin kencang. Berbahaya kalau tidak segera dipangkas,” kata dia.

Selain di Alun-alun, dia juga memerintahkan agar pohon yang berada di tepi jalan segera dipangkas. Sedangkan mengenai pengganti pohon yang tumbang, belum dipastikan jenis apa yang akan ditanam. Menurut dia, penggantian pohon perlu dikaji. “Pohon jelas penting sebagai peneduh dan paru-paru kota. Namun harus memperhatikan keamanan,” kata dia. Pihaknya sedang mencari pohon yang teduh tapi dahannya tidak mudah patah atau tumbang. (drn/nun/jpg/ton)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here