Operasi Katarak Gratis Penutup Tahun 2017

156

KEBUMEN- Djarum Sumbangsih Sosial kembali menggelar Operasi Katarak Gratis (OKG) di Kabupaten Kebumen, yang diselenggarakan Minggu, 12 November 2017, di RS Wisma Rukti, Kebumen. Kegiatan ini merupakan penutup rangkaian program OKG pada tahun 2017.

Program Director Bakti Sosial Djarum Foundation Rudy Djauhari menyampaikan, Operasi Katarak Gratis rutin digelar Djarum Foundation melalui Djarum Sumbangsih Sosial sejak 2011. Kegiatan di Kebumen kali ini dilaksanakan bekerjasama dengan Yayasan Bina Netra Jogja dan RS Wisma Rukti.

“Operasi ini merupakan kegiatan operasi katarak gratis ke-60 yang digelar Djarum Sumbangsih Sosial. Sampai sekarang, telah berhasil membebaskan lebih dari 2.400 penderita katarak di 19 kabupaten/kotamadya di Jawa Tengah dan DIY,” jelasnya dalam rilis yang dikirimkan, Jumat (10/11).

Rudy Djauhari menjelaskan, banyak masyarakat yang belum memahami sepenuhnya mengenai katarak dan penyembuhannya. Terutama, di daerah pedesaan dan terpencil. Akibatnya, banyak pasien terlambat mendapatkan penanganan di rumah sakit. Padahal tingkat keberhasilan operasi katarak cukup tinggi.

“Prosedur yang harus dilalui pasien sebelum mendapatkan tindakan operasi katarak didahului tahap penyeleksian peserta, untuk memastikan bahwa penderita benar-benar layak mendapat layanan operasi. Selain itu, juga diberikan sosialisasi mengenai katarak, yang diharapkan akan membantu mencegah kebutaan yang disebabkan katarak,” urainya. (fiq/bis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here