Jadi Gampang untuk Cegah Calo

165

MAGELANG – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Magelang meluncurkan program Jaringan Penyedia Layanan Perizinan dan Penyampaian Gagasan Masyarakat tentang Penataan Ruang (Jadi Gampang). Sistem ini memudahkan masyarakat mengakses informasi seputar tata ruang.

Plt Kepala DPUPR Kota Magelang, Yonas Nusantrawan Bolla mengatakan, sistem ini menyediakan informasi pola ruang atau peruntukan ruang, ketinggian lantai maksimal bangunan, dan koefisien dasar bangunan (KDB). Yaitu, persentase luas lahan terbangun maksimal.  Ada juga fasilitas laporan publik bagi masyarakat yang ingin melaporkan dugaan Pelanggaran Tata Ruang. “Sistem ini sudah bisa diakses per Kamis (9/11) lalu,” katanya, Jumat (10/11).

Ia menambahkan, sistem tersebut mempermudah masyarakat mendapatkan Surat Keterangan Rencana Kota (SKRK) tanpa harus datang ke kantor. Sistem ini juga digadang sebagai pendukung indikator  Kota Cerdas. Untuk mengajukan permohonan, masyarakat harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan dengan dilengkapi dengan nomor telepon selular (ponsel) aktif.

Setelah data disimpan dan dikirim, masyarakat dapat mengecek permohonan perizinan tersebut dapat diterima atau tidak, dengan memasukkan nomor ponsel. “Ini dapat mencegah kolusi juga mencegah masyarakat menggunakan makelar ataupun calo,” tandasnya. (put/ton)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here