DPRD Kendal Bolos Upacara Hari Pahlawan

211
TABUR BUNGA: Forkompimda Kendal melakukan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kusumajati Kendal, kemarin. (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)
TABUR BUNGA: Forkompimda Kendal melakukan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kusumajati Kendal, kemarin. (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)

KENDAL – Upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional 10 November yang digelar Pemerintah Daerah Kendal di Alun-alun Kendal  diikuti Forkompimda, unsur pelajar, mahasiswa, pramuka dan sebagainya. Tapi upacara peringatan itu tidak ada satupun anggota DPRD yang hadir.

Pantauan dilapangan, dari 45 anggota DPRD Kendal, tidak ada satupun anggota perwakilan rakyat yang hadir. Alhasil, bangku tamu undangan yang sudah disediakan untuk jajaran Forkompimda nampak banyak yang kosong.

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kendal, Ferinando Rad Bonay mengatakan jika pihakya selaku koordinator pelaksanaan upacara sudah mengundang seluruh anggota dewan. Namun begitu tidak ada satupun yang datang.

“Katanya, mereka (para anggota dewan) izin tidak bisa mengikuti upacara lantaran sedang ada kunjungan kerja (kunker) di Jakarta. Kabar yang saya dengar sejak Kamis (9/11) sudah berangkat ke Jakarta. Kelihatannya sampai Minggu (12/11) besok,” katanya, kemarin (10/11).

Namun apakah kunker tersebut dilakukan secara serentak atau menyeluruh. Sehingga tidak ada satupun anggota legislatif yang datang. Ferinando mengaku tidak mengetahui secara pasti. “Ya mungkin semua berangkat,” tandasnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPRD Kendal Prapto Utono mengatakan bahwa urusan  Anggota DPRD ke Jakarta bukan dalam rangka kunker. Melainkan para anggota DPRD tengah melakukan konsultasi ke Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). “Yakni terkait APBD 2018,” katanya.

Perihal berapa anggota dewan yang ke Kemendagri RI di Jakarta. Ia tidak menyebutkan secara pasti. “Saya sendiri sedang ada urusan partai politik (parpol) sehingga mohon izin tidak bisa menghadiri,” tandasnya.

Sementara Komandan Kodim 0715 Kendal, Letkol Czi Hendro Edi Busono selaku Inspektur Upacara menyampaikan Amanat Menteri Sosial (Mensos) RI. Ia menyampaikan, jika peringatan Hari Pahlawan adalah untuk mengenang para pendahulu kita, pahlawan dan perintis kemerdekaan, para pendiri Republik Indonesia.

“Para pendiri bangsa mengabarkan pesan penting kepada kita. Pesan itu adalah bahwa setelah kemerdekaan diraih, maka tahapan selanjutnya, kita harus bersatu terlebih dahulu untuk bisa memasuki tahapan bernegara selanjutnya yakni berdaulat, adil dan makmur,” tuturnya.

Usai upacara dilanjutkan berziarah ke makam pahlawan di Taman Makam Pahlawan Kusumajati. Para pimpinan Forkompimda Kendal, menggelar apel penghormatan di makam pahlawan. Kemudian dilanjutkan tabur bunga di seluruh makam dan doa bersama.  (bud/bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here