Bisa Sebutkan Nama Pahlawan, Tidak Jadi Ditilang

Operasi Zebra Satlantas Polres Purbalingga di Hari Pahlawan

110
CARI PENGAMPUNAN: Salah seorang pelanggar lalu lintas berusaha mengingat nama sejumlah pahlawan yang ditunjukkan anggota Satlantas Polres Purbalingga, Jumat (10/11). (DOK HUMAS POLRES PURBALINGGA)
CARI PENGAMPUNAN: Salah seorang pelanggar lalu lintas berusaha mengingat nama sejumlah pahlawan yang ditunjukkan anggota Satlantas Polres Purbalingga, Jumat (10/11). (DOK HUMAS POLRES PURBALINGGA)

Polisi biasanya akan menilang pelanggar aturan dalam berkendara saat Operasi Zebra. Tapi di Purbalingga, para pelanggar punya kesempatan untuk lolos dari penilangan. Mengapa?

Sejumlah pengendara motor dan mobil yang melintas di Jalan Jenderal Ahmad Yani, tepatnya di depan Taman Usman Janatin Purbalingga tampak pasrah ketika terjaring razia simpatik Satlantas Polres Purbalingga, Jumat (10/11). Ketika diperiksa, mereka ketahuan melanggar aturan. Mulai dari tidak memiliki surat-surat seperti SIM atau STNK, hingga kelengkapan kendaraan yang tidak sesuai aturan.

Dalam Operasi Zebra Canndi 2017 yang digelar Satlantas Polres Purbalingga, para pelanggar biasanya langsung diberikan surat tilang. Khusus kemarin yang bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan, para pelanggar ini berkesempatan mendapatkan ‘amnesti’ atau pengampunan. Syaratnya, harus bisa menjawab kuis yang diberikan anggota Satlantas.

Para pelanggar ini akan dihadapkan pada sejumlah polisi wanita (polwan) dan polisi laki-laki (polki) yang membawa gambar sejumlah pahlawan nasional. Selanjutnya para pelanggar ini diminta menyebutkan nama-nama pahlawan tersebut.

“Apabila bisa menyebutkan dengan benar nama pahlawan maka para pelanggar tidak kita tilang. Kita berikan teguran saja agar tidak mengulangi pelanggarannya. Namun apabila tidak bisa, maka kita berikan tilang,” jelas Kabag Ops Polres Pubalingga AKP Herman Setiono. Sejumlah gambar pahlawan nasional yang harus ditebak antara lain Pattimura, Imam Bonjol, Cut Nyak Dien, WR Supratman, Sisingamangaraja dan lain sebagainya.

Herman menyatakan, pemberian kuis pada pelanggar ini sengaja digelar untuk memperingati Hari Pahlawan. Satlantas melakukan inovasi dengan memberikan edukasi dalam razia. Kuis menyebutkan nama pahlawan ini juga sebagai langkah untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat pada nama pahlawan nasional Indonesia.

“Dengan mengingat kembali dan mengerti nama pahlawan nasional, diharapkan masyarakat juga mampu menghargai jasa pahlawan bangsa,” jelasnya.

Dari sejumlah pelanggar yang terjaring razia, 10 orang berhasil menyebutkan dengan benar nama pahlawan nasional. Sedangkan 5 pelanggar lainnya dikenakan tilang karena tidak bisa menyebutkan nama pahlawan yang diperlihatkan.

Umumnya para pelanggar ini berusia rata-rata 35 tahun ke atas. Sementara yang tidak bisa menyebutkan nama-nama pahlawan berusia di bawah 35 tahun. “Lima pelanggar yang ditilang karena tidak bisa menyebutkan nama pahlawan umumnya warga berusia relatif muda,” ujar Herman.

Operasi Zebra Candi dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Polda Jateng mulai 1-14 November 2017. Polisi akan memeriksa surat dan kelengkapan kendaraan pengendara sepeda motor dan mobil. (*/ton)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here