Wujudkan Smart City, Pemkab Kerjasama dengan Telkom

84
JALIN KERJASAMA : GM PT Telkom Witel Pekalongan Joko Rantau didampangi Executive Vice President PT Telkom Regional 4 Jateng dan DIJ, Joko Raharjo dan Bupati Batang Wihaji saat menandatangani kesepakatan kerja sama. (LUTFI HANAFI /JAWA POS RADAR SEMARANG)
JALIN KERJASAMA : GM PT Telkom Witel Pekalongan Joko Rantau didampangi Executive Vice President PT Telkom Regional 4 Jateng dan DIJ, Joko Raharjo dan Bupati Batang Wihaji saat menandatangani kesepakatan kerja sama. (LUTFI HANAFI /JAWA POS RADAR SEMARANG)

BATANG–Pemkab Batang mengandeng PT Telkom dalam mewujudkan program Smart City dan Smart Village. Penandatanganan kerjasama tersebut diwujudkan dalam Forum Group Discussion (FGD) yang dilaksanakan di Aula kantor Pemkab Batang, Kamis (9/11) kemarin.

Penandatanganan kerjasama dilakukan oleh Bupati Batang Wihaji dengan GM PT Telkom Witel Pekalongan Joko Rantau yang didampangi Executive Vice President PT Telkom Regional 4 Jateng dan DIJ, Joko Raharjo.

“Dengan teknologi, kami berharap bisa melayani masyarakat sebaik-baiknya. Smart City ini, merupakan komitmen kepala daerah dan komitmen semua organisasi perangkat daerah (OPD), untuk menjadikan teknologi sebagai layanan bagi masyarakat,” kata Bupati Batang Wihaji.

Harapan Wihaji, Kabupaten Batang dengan berbagai pelayanannya bisa semakin transparan dan akuntabel. Hal ini didukung adanya teknologi yang perkembangannya sangat luar biasa. “Kami selaku kepala daerah akan berkomitmen tinggi menjadikan teknologi sebagai salah satu layanan penting bagi masyarakat. Apapun bentuknya, kami berharap inovasi dari masing-masing OPD maupun camat dapat mempermudah pelayanan masyarakat,” kata Bupati Wihaji.

Pada kesempatan tersebut, tidak hanya dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemkab Batang dengan PT Telkom tentang pengembangan fasilitas teknologi informasi dan komunikasi untuk menunjang pembangunan Smart City di Kabupaten Batang. Tapi juga kerjasama dengan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang tentang pembangunan dan pengembangan sistem informasi manajemen Smart City di Kabupaten Batang.

Sementara itu, General Manager PT Telkom Witel Pekalongan Joko Rantau, mengatakan bahwa kesepakatan bersama tersebut sebagai dasar pengembangan fasilitas teknologi informasi dan komunikasi dalam menunjang pembangunan Smart City di Kabupaten Batang.

“Kedua belah pihak akan saling memanfaatkan sumber daya untuk pembangunan dan pengembangan Sistem Informasi Manajemen Smart City. Sehingga dapat memberikan dampak positif dalam mendorong terwujudnya peningkatan implementasi Smart City di Kabupaten Batang,” jelas Joko.

Percepatan pengembangan Smart City yang akan dilakukan keduanya, meliputi pengembangan infrastruktur, aplikasi dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) yang pelaksanaannya memperhatikan peraturan dan perundang-undangan yang ada. Selain itu, pemberdayaan komunitas industri kreatif dan UKM dengan melakukan penjaringan, pembinaan dan pengembangan guna meningkatkan perekonomian.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Rektor Udinus yang diwakili Kepala Biro Kerjasama Urusan Internasional, Usman Sudibyo; Executive VP PT Telkom  Regional 4 Jateng dan DIJ, Joko Raharjo; General Manager PT Telkom wilayah Pekalongan; Kepala Diskominfo Kabupaten Pekalongan, Wonosobo, Magelang dan Brebes; Sekda Batang Nasikhin; para staf ahli Bupati Batang; kepala OPD di lingkungan Pemkab Batang, para camat se-Kabupaten Batang, serta perwakilan kepala desa. (han/bis/ida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here