Wisata Tlogo Digelontor Rp 30 M

84
DOKUMEN PRIBADI RADAR SEMARANG
DOKUMEN PRIBADI RADAR SEMARANG

SEMARANG – Kawasan wisata Tlogo saat ini ramai dikunjungi wisatawan. Salah satu unggulan kawasan ini adalah top selfie Goa Rong View dengan pemandangan alam yang sangat indah, tidak kalah dengan tempat selfie di daerah lain.

Dari kawasan top selfie Goa Rong View tersaji pemandangan Rawa Pening di sisi kiri dan Jalan Tol Semarang – Solo seksi Bawen – Salatiga serta perbukitan dan lembah yang menambah cantik panorama dari tempat ini.

Daya tarik lokasi ini telah menarik minat wisatawan penggemar selfie. Tidak saja wisatawan lokal, namun tidak sedikit wisatawan manca yang mengunjungi tempat ini.

Sekretaris Komisi C DPRD Jateng Tetty Indarti mengatakan, kawasan Wisata Tlogo memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan menjadi kawasan wisata unggulan di provinsi ini.  “Kawasan ini bisa menjadi sumber devisa yang potensial untuk PAD Jawa Tengah ke depan,” katanya.

Tetty menjelaskan, sarana prasarana di kawasan wisata Tlogo saat ini sudah semakin lengkap dan menambah nyaman wisatawan. Dia menyoroti akses jalan yang mulus baik dari Jalan Raya Semarang-Solo maupun jalan menuju puncak Goa Rong View.

“Wisatawan yang akan mengunjungi Goa Rong View saat ini semakin nyaman dengan akses jalan yang sudah mulus seperti ini. Viewnya pun sangat indah sehingga sangat besar untuk dikembangkan lebih jauh menjadi destinasi unggulan pariwisata di Jawa Tengah,” ungkapnya.

Ditanya kemungkinan kawasan wisata Tlogo dibangun menjadi Jateng Park, Tetty mendukung ide tersebut, bahkan dia yakin kawasan yang memiliki luas 400 hektare tersebut memiliki daya tarik yang besar bagi investor untuk dikembangkan menjadi Jateng Park. “Ide itu bagus dan karena proyek besar maka diperlukan diskusi bersama antara Pemprov, DPRD, investor dan PT Citra Mandiri Jawa Tengah (CMJT) sebagai pengelola kawasan ini,” bebernya.

Plt Dirut PT CMJT Agung Rochmadi mengatakan kawasan Goa Rong View ramai dikunjungi pada akhir pekan dan hari libur nasional. Pada hari Minggu dan hari besar jumlah wisatawan yang datang di lokasi ini mencapai sekitar 1.000 orang. “Ke depan kami akan terus meningkatkan sarana prasarana di lokasi ini untuk menarik wisatawan,” jelasnya.

Beberapa sarana yang akan dibangun, beber Agung, diantaranya beberapa photo booth yang dilengkapi dengan ilustrasi budaya lokal tentang sejarah dan budaya seperti Baru Klinting yang kental dengan cerita rakyat terciptanya Rawa Pening. “Saat ini kita sedang dalam pembuatan grand design pengembangan kawasan wisata Tlogo yang dikerjasamakan dengan perguruan tinggi ISI Jogjakarta,” bebernya.

Diharapkan pengembangan kawasan Tlogo ini dapat dikerjakan secara bertahap mulai tahun 2018 mendatang. Anggarannya pun saat ini sudah disiapkan sebesar Rp 30 miliar untuk satu tahun. (ric/zal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here