Tebing Longsor Timbun Jalan

141

MAGELANG—Tebing setinggi 5 meter di Dusun Wareng, Desa Sumberarum, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang, Rabu (8/11) malam, longsor. Material tanah dan batu serta pepohonan yang longsor, sempat menimbun badan jalan di atas jembatan penghubung antara Desa Sumberarum dan Desa Sidoagung. Longsor terjadi akibat curah hujan cukup tinggi dan adanya penggarapan saluran irigasi.

Kepala Desa Sumberarum, Muhzen Fanani, di sela – sela kerja bakti membersihkan lokasi longsor, Kamis (9/11) mengatakan, saat kejadian, tidak ada warga di yang berada di lokasi. “Malam itu, warga sedang mengadakan pengajian.” Longsor diketahui oleh seorang perangkat desa saat melintas di lokasi kejadian.

“Peristiwa longsor terjadi kurang lebih pukul 20.45. Karena sudah larut malam, warga memutuskan untuk melakukan evakuasi pada keesokan harinya, dibantu pihak BPBD, TNI, dan Polri,” kata Muhzen.

Pihak desa telah menghubungi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Kemarin siang, sejumlah personel BPBD telah datang membawa alat berat untuk melakukan evakuasi, dibantu warga, serta TNI/Polri.

Muhzen menyampaikan, longsor diduga karena curah hujan cukup tinggi pada sore hari, ditambah sedang ada proyek penggarapan irigasi di atas bukit. “Sehingga air langsung mengalir ke tebing.” Rencananya, pihak desa akan membangun talut pada tebing tersebut, untuk mencegah terjadinya longsor. Sayangnya, mereka mengalami kesulitan dana untuk merealisasikan rencana tersebut.

Di tempat terpisah, longsor juga terjadi di Purworejo. Sebanyak 6 rumah di Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing, diterjang longsor pada Rabu (8/11) siang, akibat hujan deras. Camat Kaligesing, Bagas Adi Karyanto mengatakan, tanah longsor kali pertama terjadi di Padukuhan Jetis, RT02/ RW.05, Desa Kaligono. “Hujan terjadi mulai pukul 13.30 WIB dan longsor sekitar pukul 15.00.”

Dikatakan, longsor mengenai tembok rumah milik Khamidi dan Dimayati. “Beliau anggota Koramil Kaligesing. Rumahnya berada di tepi jalan provinsi alternatif Jogja-Purworejo,” kata Bagas, Kamis (9/11) dini hari kemarin. Tanah longsor juga menimpa 4 rumah lainnya. Yaitu, milik Padmo Suwito dan Ponikin warga Padukuhan Sumbersari RT01/ RW 11, Kaligono. Sedangkan di Padukuhan Sawahan RT 02/RW 06, Kaligono menimpa rumah milik Tri Hermawan dan Giman. “Rumah milik Pak Giman, selain terkena longsor juga tertimpa pohon Albasia. Tidak ada korban jiwa, hanya kerugian material saja.” Camat Bagas menyampaikan, warga sudah bergotong-royong melakukan kerja bakti membersihkan material longsoran. (jpg/isk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here