Sepekan, Keluarkan 1.232 Surat Tilang

124
OPERASI ZEBRA: Petugas Satlantas Polres Magelang Kota memeriksa kelengkapan pengendara di Jalan Ikhlas Kota Magelang, Kamis (9/11). (Destiana for JP Radar Kedu)
OPERASI ZEBRA: Petugas Satlantas Polres Magelang Kota memeriksa kelengkapan pengendara di Jalan Ikhlas Kota Magelang, Kamis (9/11). (Destiana for JP Radar Kedu)

MAGELANG – Dalam jangka waktu sepekan, Satlantas Polres Magelang Kota mengeluarkan 1.232 surat tilang kepada pelanggar yang terjaring operasi Zebra Candi 2017. Para pelanggar ini didominasi oleh pelajar.

Kapolres Magelang Kota AKBP Kristanto Yoga Darmawan melalui Kasatlantas AKP Marwanto menjelaskan, jenis pelanggaran terdiri dari pelanggaran surat-surat berkendara sebanyak 1.032 buah dan kelengkapan kendaraan sebanyak 202 pengendara. Selain surat tilang, petugas juga memberi teguran pada 249 pengendara.

“Sedang untuk barang bukti yang kami sita adalah 259 SIM, 886 STNK dan 78 kendaraan roda dua,” imbuh Marwanto.

Kasubag Humas Polres Magelang Kota AKP Esti Wardiani menambahkan, sebagian besar pelanggaran ditemukan pada kawasan permukiman, yakni ada 911 pelanggar. Kemudian di kawasan perbelanjaan ada 441 pelanggar dan kawasan perkantoran ada 129 pelanggar. “Dalam kegiatan Operasi Zebra juga telah terjadi kecelakaan yang melibatkan dua sepeda motor yaitu di Jalan Cempaka di mana korban hanya luka ringan dan kecelakaan kedua di Jalan Diponegoro juga hanya luka ringan,” imbuh Esti.

Esti menjelaskan, para pelanggar yang terjaring didominasi oleh para pelajar. Padahal polisi sudah sering memberikan imbauan safety riding dengan cara mendatangi sekolah-sekolah. “Untuk itu, kami imbau kepada masyarakat agar dalam berkendara untuk melengkapi kendaraannya dengan surat-surat. Selain itu, kendaraan juga harus sesuai standar,” kata Esti (cr3/mg13/mg14/ton)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here