Pemkab Diminta Perbaiki Jalan Banyubiru

143

UNGARAN–Sebagian besar kondisi jalan di Kecamatan Banyubiru, masih memperihatinkan. Karena itulah, Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten merekomendasikan kepada Pemkab Semarang untuk memperhatikan kondisi jalan tersebut.

“Rekomendasi Banggar kepada Pemkab Semarang agar mengalokasikan anggaran untuk pembangunan jalan kabupaten di wilayah Kecamatan Banyubiru dalam Rancangan APBD Penetapan 2018,” kata anggota Banggar DPRD Kabupaten Semarang, Kusulistyo, Kamis (9/11) kemarin.

Menurut Sulis –sapaan akrab Kusulistyo- dengan kondisi akses jalan yang baik, maka akses transportasi masyarakat tidak akan terkendala. Sebab, sebelumnya banyak keluhan tentang kondisi akses jalan di kecamatan tersebut. Baik melalui media sosial maupun disampaikan secara langsung kepada anggota DPRD Kabupaten Semarang.

“Saat ini, kondisi jalan di Kecamatan Banyubiru banyak yang memprihatinkan sehingga perlu ada perbaikan. Ternyata Pak Ketua DPRD, Bambang Kusriyanto, sangat responsif atas kondisi tersebut,” katanya.

Dikatakan Sulis, kerusakan jalan di wilayah Kecamatan Banyubiru hampir merata termasuk jalan antardesa dan antarkecamatan. Ia mencontohkan, kerusakan ruas jalan di Kebonsari, Kebondowo, Doyong, Karangbawang, Tegaron, Sepakung sampai Watulawang hingga tembus wilayah Kecamatan Getasan.

“Jalan-jalan itu pernah dibangun sekitar 10 tahun lalu. Saat ini, banyak yang kondisinya rusak. Terkait program kegiatan pembangunan jalan kabupaten di Kecamatan Banyubiru yang rusak bisa dicermati dalam pembahasan di Komisi C,” katanya.

Politisi Partai Hanura ini juga mengungkapkan bahwa jalan antardesa ruas Gesing sampai Kediran pernah dibangun, tapi tidak sampai Sepakung. “Dari Kediran sampai Gojati tembus Sepakung kurang dari 1 kilometer tidak diperbaiki. Sehingga perlu mendapat perhatian,” katanya.

Adapun hasil rapat Banggar DPRD dengan tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) disediakan anggaran Rp 12,5 miliar untuk pembangunan jalan-jalan kabupaten yang kondisinya rusak termasuk perbaikan jalan di Kecamatan Banyubiru.

Anggaran untuk infrastruktur jalan tersebut dari hasil saving dan kenaikan pendapatan yang direncanakan di RAPBD Penetapan 2018. Sementara itu, politisi PDIP yang juga anggota DPRD Kabupaten Semarang The Hok Hiong mengungkapkan dewan merupakan duta besar masyarakat yang mengemban aspirasi sesuai dengan sumpah janji. “Dialokasikannya anggaran perbaikan infrastruktur jalan ini, merupakan bagian tugas kami dalam menindaklanjuti aspirasi masyarakat,” kata The Hok. (ewb/ida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here