Didugat Pailit, IGN Yakinkan Investor Masuk

136

SEMARANG– Sidang gugatan penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) PT Industri Gula Nusantara (IGN) Kendal yang digugat oleh puluhan krediturnya mulai masuk agenda pengajuan proposal perdamaian dalam sidang di Pengadilan Niaga Semarang, Kamis (9/11).

Direktur Utama PT IGN Kendal Slamet Purwadi mengaku sudah ada investor yang berniat menanamkan modal di perusahaan gula tersebut. Ia menyebut investor yang akan masuk adalah PT Pasifik Agro Sentosa (PAS).

Menurutnya, PT PAS memiliki lima pabrik gula yang tersebar di berbagai daerah. Dalam proposal investasinya, PT PAS siap menggelontorkan Rp 376 miliar, termasuk untuk menutup utang PT IGN yang jumlahnya mencapai Rp184 miliar.

Slamet menjelaskan, investasi tersebut akan digunakan untuk menambah kapasitas produksi IGN serta perluasan lahan dan pembinaan petani tebu yang menjadi syarat utama operasional pabrik gula.

Permasalahan yang masih ada adalah penyelesaian berkaitan dengan penguasaan saham setelah investor baru masuk. “Saat ini, mayoritas saham PT IGN dikuasai oleh PT Multi Manis Mandiri dan PTPN IX sebesar 36 persen,” kata Slamet Purwadi dalam pertemuan pengajuan proposal perdamaian terhadap kreditur.

Menurutnya, dalam proposal investasinya, PT PAS meminta penguasaan saham sebesar 72 persen. Ia juga mengatakan, saat ini PT IGN tidak memiliki masa depan dengan tunggakan hutang mencapai Rp 184 miliar, tidak mempunyai lahan tebu, serta tunggakan gaji karyawan selama enam bulan. Ia menyampaikan, investor yang akan masuk sudah beritikat baik.

“Masuknya calon investor ini bertepatan dengan gugatan PKPU oleh para kreditor sehingga membutuhkan waktu untuk menyesuaikan dengan rencana masuknya suntikan modal tersebut,” ungkapnya.

Sementara itu, Pengurus PKPU, Kairul Anwar mengatakan, permohonan dari debitur akan diputuskan pada 17 November 2017 mendatang. Apakah majelis hakim akan memutuskan permohonan itu dikabulkan atau tidak.

Menurutnya, jika dikabulkan, maka PT IGN memiliki kesempatan satu bulan untuk memastikan masuknya investor ke pabrik gula tersebut sebelum melaksanakan PKPU. Namun, jika ditolak maka PT IGN akan dinyatakan pailit.

“PT IGN sudah menyampaikan surat proposal investasi oleh PT PAS. Tapi, surat yang merupakan bagian dari proposal damai untuk menyelesaikan gugatan hukum tersebut belum disertai dengan bukti pendukung teknis, jadi surat yang disampaikan baru rencana investasi, belum ada langkah teknis berikutnya,” ungkapnya. (jks/zal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here