Berdayakan Pemuda Desa Gerakkan BUMDes

Desa Poncoruso, Kecamatan Bawen

107
PELAYANAN MAKSIMAL: Pemerintah Desa Poncoruso berkomitmen memberikan pelayaan terbaik kepada warga masyarakat
PELAYANAN MAKSIMAL: Pemerintah Desa Poncoruso berkomitmen memberikan pelayaan terbaik kepada warga masyarakat

BAWEN – Desa Poncoruso akan memberdayakan pemuda Desa, terutama dari karang taruna desa untuk menggerakkan BUMDes yang akan dijalankan. Para pemuda dianggap lebih kreatif dan memiliki banyak inovasi untuk menjalankan usaha Desa, selain karena memang pemerintah desa ingin membuka lapangan pekerjaan untuk mereka.

Menurut  Kades Poncoruso, Haryoko  para pemuda juga lebih memiliki semangat tinggi.  Sehingga mereka dinilai mampu menjalankan BUMDes yang diharapkan dapat mendongkrak perekonomian warga ini.

Kades : Haryoko. (SIGIT ANDRIANTO/ JAWA POS RADAR SEMARANG)
Kades : Haryoko. (SIGIT ANDRIANTO/ JAWA POS RADAR SEMARANG)

”Saat ini masih melakukan pendekatan. Terutama kepada karangtaruna yang belum bekerja. Saat ini kami memang kesulitan untuk mendapatkan pengelola BUMDes,” ujar Haryoko kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Haryoko menambahkan, BUMDes ini sebenarnya sudah direncanakan sejak dua tahun lalu. Hanya saja, pemerintah desa masih belum menemukan warga yang dengan secara sukarela meluangkan waktu dan tenaga untuk memulai usaha yang rencananya akan menaungi sejumlah UMKM di Desa ini ketika sudah berjalan nanti.

“Di Desa Poncoruso terdapat sejumlah warya yang memiliki UMKM yang bergerak di bidang pengolahan makanan, seperti pembuatan tahu, tempe serta makanan oleh-oleh seperti wajik, jenang dan beberapa makanan lainnya. Kami harap kalau sudah jalan, BUMDes ini bisa menaungi UMKM yang ada di sini,” kata Haryoko.

Haryoko menambahkan, unit usaha yang akan dijalankan ketika BUMDes sudah jalan diantaranya  ada koperasi simpan pinjam, warung sembako, serta toko yang menjual  kebutuhan pertanian. “Karena memang di sini mayoritas penduduknya adalah petani, jadi kami ingin membuka toko yang menjual bibit, obat-obat pertanian dan kebutuhan petani lainnya,” ujar dia sembari menambahkan bahwa Dana Desa tahun ini difokuskan untuk pembangunan fisik Desa.

Dirinya menegaskan, Pemerintah Desa akan terus memberikan upaya terbaiknya demi meningkatkan kesejahteraan warga. Terutama demi terciptanya pemerataan perekonomian warga desa Poncoruso.  ”Kami akan terus upayakan untuk mencapai kesejahteraan yang merata itu. Termasuk dalam pelayanan, kami akan melakukan dengan semaksimal mungkin,” jelasnya. (cr4/bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here