2 Gudang Terbakar, 3 Orang Luka

152
JANGKAU TITIK API : Petugas melakukan pemadaman gudang yang terbakar di kawasan Gayamsari, kemarin. (Agus Hariyanto/Jawa Pos Radar Semarang)
JANGKAU TITIK API : Petugas melakukan pemadaman gudang yang terbakar di kawasan Gayamsari, kemarin. (Agus Hariyanto/Jawa Pos Radar Semarang)

SEMARANG – Kurun waktu sehari, terjadi dua kasus kebakaran di Kota Semarang. Pada peristiwa ini juga mengakibatkan tiga orang warga terluka dan harus dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis.

Kebakaran pada sebuah gudang penyimpanan sembako di Jalan Gajah Timur Dalam 1, RT 1 RW 8, Kelurahan Gayamsari, Kecamatan Gayamsari, Kamis (9/11) sekitar pukul 17.15. Belum diketahui penyebab kebakaran ini. Dua warga dilarikan ke rumah sakit karena karena terjatuh saat berupaya memadamkan api.

“Pas sedang di rumah kok ada bau obong-obong, terus ngecek keluar ternyata api sudah besar,” ungkap Ratwani, yang saat itu berada di rumah, samping gudang yang terbakar.

Dia pun langsung berteriak minta bantuan warga untuk melakukan pemadaman. Dua orang warga yakni Arul dan Zaenal, terjatuh dari atas tangga bangunan saat ikut membantu pemadaman.

“Zaenal nginjak asbes, ternyata asbesnya jebol. Kemudian keduanya jatuh, kemungkinan saat Zaenal jatuh berupaya memegangi Arul,” timpal warga lain bernama Yanto. Keduanya kemudian dibawa ke rumah sakit untuk menjalani perawatan. Arul mengalami luka lecet di tubuh, sedangkan Zaenal luka di bagian kaki kanan, akibat terbentur.

Sementara Badrut Tamam, menambahkan, rumah yang terbakar tersebut dipakai untuk gudang penyimpanan barang distributor, Gudang Indomarco. Terlihat, barang-barang yang selamat dari lokasi kebakaran berupa air mineral dalam tumpukan kardus, deterjen dan makanan ringan.
“Tadi katanya habis ngisi barang, sore hari. Tapi nggak tahu tiba-tiba malah terbakar,” imbuhnya.

Petugas pemadam yang tiba dilokasi langsung melakukan pemadaman dengan membawa tiga unit mobil pemadam. Petugas langsung membatasi dengan menyemprot titik-titik api supaya tidak menjalar ke pemukiman warga.

Sebelumnya, kebakaran juga terjadi di Jalan Industri Kaligawe, Kecamatan Genuk. Sebuah gudang perakitan sepeda ludes terbakar, Kamis (9/11) sekitar pukul 14.30. Api diduga disebabkan korsleting listrik.

Petugas kesulitan melakukan pemadaman. Sebab, pintu gerbang gudang milik Edi Budiyono tersebut terkunci. Petugas pun terpaksa mendobrak pintu untuk menjangkau titik api.

“Selain itu api yang tebal juga membuat petugas kesulitan masuk untuk melakukan pemadaman,” kata Kabid Operasional Damkar Kota Semarang Trijono di lokasi kejadian.

Meski tidak ada korban jiwa, api yang membesar membakar seisi gudang yang berisi sepeda dan onderdilnya. Kerugian ditaksir ratusan juta. Selain itu, salah satu anak pemilik gudang bernama Taufat juga terluka di bagian tangan saat membantu mendobrak pintu gerbang gudang. (mha/zal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here