Hidupkan Kembali Desa Wisata

Desa Sidomukti

126
MERTI DUSUN: Penampilan kesenian di Desa Sidomukti Kecamatan Bandungan dalam kegiatan Merti Dusun beberapa waktu lalu. (IST)
MERTI DUSUN: Penampilan kesenian di Desa Sidomukti Kecamatan Bandungan dalam kegiatan Merti Dusun beberapa waktu lalu. (IST)

BANDUNGAN – Desa Sidomukti kecamatan Bandungan akan menghidupkan kembali Desa wisata yang sempat vakum. Selain memberdayakan masyarakat sekitar, adanya Desa wisata dinilai mampu meningkatkan pendapatan asli desa (PADes).

Kepala Desa Sidomukti Rovik Asari mengatakan, vakumnya Desa wisata di Sidomukti yang sempat eksis selama 6 tahun ini dikarenakan ketua Pokdarwis di Desa Sidomukti meninggal dunia.

Kades : Rovik Asari. (SIGIT ANDRIANTO/ JAWA POS RADAR SEMARANG)
Kades : Rovik Asari. (SIGIT ANDRIANTO/ JAWA POS RADAR SEMARANG)

”Sehingga nanti kita harus membuat kepengurusan baru. Setelah itu kita akan membuat program-programnya juga. Karena tidak mungkin kita menggunakan program lama yang belum tentu sesuai dengan perkembangan saat ini,” ujar Rovik saat ditemui di ruang kerjanya.

Di desa yang terdiri dari 6 dusun ini, rencananya Rovik akan menonjolkan kearifan lokal yang ada. Termasuk menyuguhkan potensi pertanian Desa Sidomukti untuk dapat dieksplorasi oleh para wisatawan yang datang.

”Karena desa wisata itu berbeda dengan wisata desa lho ya. Kalau wisata desa kami punya air terjun, ada wisata religi, ada sendang yang bersejarah. Tapi untuk desa wisatanya kami akan menonjolkan kearifan lokal, salah satunya di bidang pertanian itu tadi. Termasuk didalamnya adalah seni budaya. Kita ada drumblek,” imbuhnya.

Rovik menceritakan, di Desa ini, banyak warga yang menghasilkan kuliner khas Sidomukti seperti kripik bayem, jenang sidomukti dan kripik daun singkong. Semua produk olahan warga ini, rencananya akan dimasukkan ke dalam paket wisata ketika desa wisata di Sidomukti dapat kembali berjalan.

”Selain itu, kita nanti juga sedang mewacanakan adanya Merti Desa. Selama ini yang dilakukan adalah Merti Dusun. Nanti 2019 kita akan mengangkatnya ke tingkat Desa supaya bisa merekatkan seluruh masyarakat. Semoga ini juga mendukung desa wisata nantinya,” pungkasnya. (cr4/bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here