Serahkan Santunan ke Keluarga TKI

205

SEMARANG – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan memberikan bantuan berupa santunan kepada tenaga kerja Indonesia (TKI) yang menjadi korban kecelakaan di Penang, Malaysia. Musibah yang terjadi beberapa waktu lalu tersebut menewaskan 7 WNI.

Berdasarkan kejadian tersebut, BPJS Ketenagakerjaan langsung menelusuri data dari para TKI dan langsung memastikan kepesertaan mereka dalam program perlindungan jaminan ketenagakerjaan. “Awal Agustus lalu, kami sudah resmi bisa mengcover dan memberikan perlindungan kepada TKI yang ada di luar negeri,” kata Kepala Kantor Wilayah Jateng & DIY BPJS TK, Irum Ismantara.

Dari data yang ada, ada 2 korban yakni Titik Kateningsih dan Wami Windarsih, TKI asal Yogyakarta yang meninggal dunia. Keduanya terdaftar menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan. “Kami memberikan santunan uang sebesar Rp 85 juta kepada keluarga korban,” jelasnya.

Menurutnya santunan yang diberikan bisa digunakan membantu keluarga yang ditinggalkan untuk menata hidup ke depan agar tidak jatuh secara sosial ekonomi. Dirinya pun mendorong agar para TKI bisa menjadi anggota BPJS Ketenegakerjaan walaupun berada diluar negeri. “Kami mengimbau para TKI bisa menjadi peserta,” bebernya. (den/ric)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here