Semua Anak Bisa Jadi Pahlawan

631
PAHLAWAN CILIK: Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan istri saat menghadiri peringatan hari pahlawan di aula lantai 2 Labschool UNNES Universitas Negeri Semarang di Jalan Menoreh Tengah X, Semarang, Selasa (7/11) pagi. (ADITYO DWI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
PAHLAWAN CILIK: Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan istri saat menghadiri peringatan hari pahlawan di aula lantai 2 Labschool UNNES Universitas Negeri Semarang di Jalan Menoreh Tengah X, Semarang, Selasa (7/11) pagi. (ADITYO DWI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Ratusan siswa SD, TK dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), tampak antusias ketika Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, menghadiri peringatan hari Pahlawan ke-72 di Aula Lantai 2 Labschool UNNES (Universitas Negeri Semarang) di Jalan Menoreh Tengah X, Semarang, Selasa (7/11) pagi.

Dengan ramah, politisi PDIP tersebut bercengkarama dengan ratusan siswa yang mengenakan berbagai kostum, seperti seragam polisi dan seragam tentara. Juga berbagai macam jenis pakaian berbagai profesi dan pakaian adat dari Sabang sampai Merauke.

Wali kota yang akrab disapa Hendi tersebut juga memberikan semangat kepahlawanan kepada anak-anak dengan berkarya dan berprestasi yang positif sesuai bidang masing-masing.

“Hari ini, adik-adik bisa jadi pahlawan nggak? Tapi, yang namanya pahlawan itu harus ikhlas dan nggak minta bayaran untuk memperjuangkan kemerdekaan. Sekarang adik-adik bisa jadi pahlawan juga, caranya dengan berperstasi sesuai dengan bidangnya,” katanya.

Ia juga berpesan, selama proses belajar untuk tidak duduk di belakang, namun harus duduk di depan agar bisa menerima dan memperhatikan pelajaran dengan baik dan bisa menjadi juara kelas. Selain itu, Hendi juga meminta anak-anak terus giat belajar agar bisa berprestasi dan menjadi anak yang pintar. “Saya doakan, nanti 30 sampai 40 tahun ke depan, ada yang bisa jadi wali kota, gubernur, tentara, polisi bahkan dokter,” jelasnya.

Pada yang saat sama, Hendi juga memberikan pertanyaan kepada para siswa. Yakni, siapa contoh pahlawan hari ini? Tanya Hendi kepada seorang anak yang merupakan siswi SDN Labschool UNNES. “Pak Wali Kota! Cia Pak Hendi…nama saya,” ungkap  Cia, bocah cilik yang memakai kostum perawat tersebut.

Dengan sigap Hendi pun menyahut jika dirinya belum menjadi pahlawan. Jabatannya saat ini adalah tugas dari rakyat, ia pun kembali bercengkrama layaknya guru dengan para siswa. Bahkan orang nomor satu di Kota Semarang tersebut rela lesehan untuk sekadar ngobrol dengan ratusan anak-anak.(den/dit/aro)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here