Rem Blong, Truk Sayur Hajar Empat Kendaraan

239
KARAMBOL: Truk bermuatan sayur bernopol Z 8411 DK yang mengalami rem blong menabrak empat kendaraan di traffic light pintu keluar tol Krapyak, kemarin (M HARIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG).
KARAMBOL: Truk bermuatan sayur bernopol Z 8411 DK yang mengalami rem blong menabrak empat kendaraan di traffic light pintu keluar tol Krapyak, kemarin (M HARIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG).

SEMARANGKecelakaan beruntun melibatkan lima kendaraan terjadi di ruas jalan tol KM.0.00. Sebuah truk colt diesel pengangkut sayur menabrak empat kendaraan saat berhenti di lampu merah selepas pintu tol Krapyak, Semarang Barat. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan karambol tersebut. Namun akibat kecelakaan sempat menimbulkan kemacetan panjang.

Lima kendaraan yang terlibat kecelakaan itu, yakni truk colt diesel bernopol Z 8411 DK menabrak truk Fuso bernopol H 1737 DH, Toyota Navi bernopol H 8603 EF, Daihatsu Xenia bernopol H 8734 MZ, dan Kijang Innova bernopol L 1930 AZ. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, namun kendaraan yang terlibat kecelakaan mengalami rusak parah di bagian bodi.

Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Semarang menyebutkan, kecelakaan itu terjadi Selasa (7/11) sekitar pukul 08.30. Bermula ketika empat kendaraan melaju dari arah gerbang tol Manyaran dan berhenti di pintu keluar tol Krapyak karena traffic light menyala merah. Keempat kendaraan itu adalah truk Fuso bernopol H 1737 DH, Toyota Navi bernopol H 8603 EF, Daihatsu Xenia bernopol H 8734 MZ, dan Kijang Innova bernopol L 1930 AZ.

Tanpa diduga, dari belakang truk colt diesel bernopol Z 8411 DK yang disopiri Eko Heri Kusmanto, 33, warga Gunung Batin Udik, Lampung. Diduga karena rem blong, truk warna merah pengangkut sayur dari  Situbondo Jatim menuju Jakarta itu nyelonong menabrak Kijang Innova, yang dikemudikan Supriyanto, 36, warga Pudakpayung, Semarang, dan Toyota Navi, yang disopiri Sigit Haryanto, 59, warga Taman Tlogomulyo Selatan, Pedurungan, Semarang. Setelah menghantam dua mobil, truk belum berhenti. Truk nahas tersebut baru berhenti setelah menabrak mobil Daihatsu Xenia dan truk Fuso.

“Saat lampu bangjo sedang merah, saya berhenti di bagian kiri mau keluar ke arah Tambak Aji. Sedangkan tiga mobil itu di sebelah kanan. Nah, truk yang nabrak itu nrobos lewat tengah antara truk saya dan tiga mobil tadi,” jelas pengendara truk Fuso, Sudaryanto, kepada Jawa Pos Radar Semarang di lokasi kejadian, Selasa (7/11) kemarin.

Sudaryanto menduga, colt diesel pengangkut sayur tersebut menabrak empat kendaraan, termasuk truknya lantaran mengalami rem blong. Sehingga tidak bisa mengendalikan laju kendaraannya ketika hendak berhenti di traffic light.  “Tadi saya lihat kayaknya sopirnya capek, kelihatan ngantuk, dia bilang remnya blong,” bebernya.

Pengemudi Toyota Navi, Sigit Haryanto, mengaku terkejut saat mobilnya ditabrak dari belakang. Menurut pria yang berprofesi sebagai hakim ini, saat kejadian, arus lalulintas keluar gerbang tol Krapayak dalam keadaan tenang. “Ya kaget saja, tahu-tahu mobil ditabrak dari belakang,” katanya.

Sigit yang mengemudikan mobil warna hitam bernopol H 8603 EF itu melaju dari rumahnya di Pedurungan hendak menuju ke tempat kerjanya di Pengadilan Negeri (PN) Semarang. Sebelum mengalami musibah, rencananya ia akan memimpin sidang di PN. “Agenda hari ini (kemarin) memimpin sidang. Tapi gak apa-apa. Alhamdulillah selamat,” ujarnya penuh syukur.

Meski begitu, mobil miliknya mengalami penyok di bagian bodi belakang, bodi samping kiri tergores, dan bemper depan lepas. Pun dengan truk pengangkut sayur mengalami rusak bagian lampu depan samping kiri pecah, bodi samping kiri tergores, dan bak belakang miring.

Petugas Satlantas yang mendapat laporan kejadian itu langsung menuju ke lokasi kejadian untuk mengatur arus lalulintas. Salah satu petugas Satlantas Polrestabes Semarang, Bripka Jatmiko, mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan karambol tersebut.

“Tidak ada korban jiwa, hanya kerugian materiil. Truk sama sopirnya sudah kami bawa ke Mapolsek Semarang Barat untuk dimintai keterangan lebih lanjut,” katanya.

Kanit Laka Lantas Polrestabes Semarang, AKP Sugito, mengatakan, pihaknya bersama petugas Dinas Perhubungan Kota Semarang masih melakukan pemeriksaan dugaan rem truk pengangkut sayur tidak berfungsi alias blong. “Diduga pengemudi truk tidak bisa menguasai laju kendaraannya, sehingga terjadi kecelakaan dengan empat kendaraan yang berhenti di lampu merah,” ujarnya. (mha/aro)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here