Peserta Bursa Wisata Meningkat 20 Persen

160
RAMAI : Para seller dan buyer mulai melakukan aktivitas jual beli dalam gelara Bursa Wisata Indonesia (BWI) 4 di Hotel Patra Jasa, kemarin. (NURUL PRATIDINA /JAWAPOS RADAR SEMARANG)
RAMAI : Para seller dan buyer mulai melakukan aktivitas jual beli dalam gelara Bursa Wisata Indonesia (BWI) 4 di Hotel Patra Jasa, kemarin. (NURUL PRATIDINA /JAWAPOS RADAR SEMARANG)

SEMARANG  – Peserta Bursa Wisata Indonesia (BWI) tahun ini meningkat hingga 20 persen bila dibanding tahun sebelumnya. Peningkatan gelaran yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) DPD Jawa Tengah ini seiring dengan kian menggeliatnya sektor pariwisata.

Ketua Panitia BWI, Sony Wimas mengatakan, dalam gelaran BWI 4 kali ini terdapat 110 seller dan 318 buyer. Jumlah ini meningkat 20 persen dari gelaran tahun sebelumnya. “Memang kali ini lebih ramai. Seller dari luar Jawa Tengah bahkan melebihi separuh dari jumlah seller dari Jawa Tengah,” ujarnya disela Pembukaan BWI 4 di Hotel Patra Jasa, kemarin.

Sistem yang digunakan dalam BWI 4 adalah dengan memberikan waktu bagi seller dan buyer untuk bernegosiasi selama masing-masing lima menit. Setelah itu, buyer akan bergeser ke seller lainnya dengan waktu yang sama.

Selain peningkatan kepesertaan, dalam gelaran BWI 4 kali ini, target transaksi juga diharapkan meningkat. Yaitu dari Rp 1,1 miliar pada tahun lalu menjadi Rp 1,5 miliar pada gelaran kali ini.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Jawa Tengah, Urip Sihabudin menyambut baik gelaran yang diselenggarakan oleh ASPPI ini. Menurutnya, ada tiga faktor yang perlu diperhatikan terkait pengembangan dunia pariwisata.

Mulai daya tarik objek wisata, kemudian wisatawan yang sesuai dengan potensi wisata yang ditawarkan. Berikutnya para pelaku wisata yang dinilai memberikan kontribusi kepercayaan terhadap para wisatawan hingga 70 persen.

“Daya tarik wisata oke, tapi kalau industri pariwisata tidak mendukung, bisa jadi wisatawan hanya datang sekali dan tidak ada pengulangan maupun merekomendasikan objek. Oleh karena itu tiga hal tersebut harus benar-benar terkelola dengan baik. Termasuk dengan acara-acara semacam ini yang memastikan produk yang dijual tidak akan mengecewakan,” ujarnya.

Selain diisi oleh aktivitas jual-beli oleh ratusan peserta, BWI 4 juga dimeriahkan dengan talkshow, lomba foto dan pameran UMKM dari seluruh wilayah Jawa Tengah. (dna/ric)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here