Panwas Ajak Masyarakat Aktif Awasi Pemilu

154

KENDAL—Masyarakat diharapkan berpartisipasi aktif melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu). Yakni dengan ikut mengawasi terjadinya dugaan pelanggaran dan melaporkannya kepada Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) maupun setempat.

Demikian disampaikan Ketua Panwaslu Kendal, Ubaidilah saat acara Focus Group Discussion (FGD) di Hotel Sae Inn, Selasa (7/11) kemarin. Acara tersebut mengundang perwakilan dari partai politik (parpol), ormas dan tokoh masyarakat.

FGD digelar untuk membentuk satu kesepahaman dalam menyikapi peraturan dalam pemilu. Mengingat dalam waktu dekat akan digelar Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Pemilihan Legislatif (Pilleg), yang waktunya terpaut singkat.

“Sebab suksesnya pengawasan pemilu itu bukan hanya tugas Panwas, tapi tanggung jawab bersama. Makanya, kami mengajak masyarakat bahwa kita semua punya andil untuk mensukseskan pengawasan pemilu,” ujar Ubaidillah.

Menurut Ubaidillah, pelaksanaan pemilu tak hanya dimiliki pemangku kepentingan saja seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU), Bawaslu, atau partai politik saja. Namun, pelaksanaan serta pengawasan pemilu harus dilakukan masyarakat.

Melalui acara FGD, Panwaslu juga mengajak partisipasi masyarakat bertanggung jawab dalam pengawasan pemilu. “Kami ingin menggungah kesadaran masyarakat melalui program pengawasan partisipatif. Semua lapisan masyarakat harus menyadari betul bahwa pengawasan pemilu sebagai tanggung jawab bersama,” paparnya.

Seorang narasumber, Supriyadi mengatakan bahwa pelaksanaan pemilu harus diawasi. Pasalnya jika tidak ada pengawasan, maka aturan-aturan yang ada, akan dilanggar. Selain itu, masyarakat juga bisa kehilangan hak suaranya.

Hal yang masih banyak terjadi adalah politik uang yang masif dan terstruktur serta manipulasi suara. Untuk itu, Panwas harus mendorong masyarakat agar ikut mengawasi pemilu. “Pelibatan masyarakat sebagai pengawas partisipatif ini supaya pengawasnnya bisa maksimal,” katanya.

Muladi sebagai salah satu narasumber lainnya mengatakan, semua laporan yang masuk ke panwaslu akan ditindaklanjuti. Namun diharapkan dalam menyampaikan laporan supaya dilakukan secara tertulis dan dilengkapi dengan identitas diri. “Hakekatnya, semua laporan akan ditindaklanjuti, karena Panwaslu memiliki petugas yang siap menindaklanjuti laporan-laporan dari masyarakat,” tambahnya. (bud/ida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here