Mega Pimpin Konsolidasi Jelang Pilgub

150
Agustina Wilujeng (Ricky fitriyanto/jawa pos radar semarang).
Agustina Wilujeng (Ricky fitriyanto/jawa pos radar semarang).

SEMARANG – Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Megawati Soekarnoputri akan turun ke Jawa Tengah, Rabu-Kamis (8-9/11). Presiden kelima RI tersebut akan memimpin langsung konsolidasi 3 pilar partai menjelang Pilgub dan Pilkada kabupaten/kota di provinsi ini.

Bendahara DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah Agustina Wilujeng mengatakan Megawati akan memimpin langsung Rapat 3 Pilar Partai yang digelar di kantor DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah, Panti Marhaen, Kamis (9/11) siang. Rapat akan dihadiri 700 orang dari jajaran struktural, eksekutif, dan legislatif partai. Akan hadir dalam acara tersebut unsur DPD, anggota Fraksi DPR RI dapil Jateng, anggota Fraksi DPRD Jateng, DPC, kepala daerah, dan wakil kepala daerah kader partai, dan pimpinan DPRD Kabupaten/Kota. Selain itu ada anggota Fraksi PDI Perjuangan Kabupaten/Kota, dan Ketua dan Sekretaris Organisasi sayap partai.

“Inti acaranya adalah konsolidasi menjelang Pilgub. Ketua Umum ingin melihat kesiapan Jawa Tengah menghadapi Pilgub dan memastikan pengamanan rekomendasi yang turun,” ujar Agustina yang juga Ketua Desk Pilkada DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah ini.

Sebelumnya Megawati melakukan roadshow ke sejumlah provinsi yang akan menggelar Pilgub tahun depan. Jawa Tengah merupakan provinsi terakhir yang dikunjungi. Menurut Agustina, kunjungan Ketua Umum akan dijadikan momentum untuk menunjukkan jajaran partai di Jawa Tengah siap mengamankan rekomendasi Pilgub. “Persepsi yang terbangun saat ini, PDI Perjuangan Jawa Tengah tidak satu kata karena banyak kader yang maju sebagai bakal calon. Kami tegaskan, Jawa Tengah siap mengamankan apapun perintah Ketua Umum,” tegasnya.

Selain pengarahan Ketua Umum, pada waktu yang sama akan digelar Festival Kekayaaan Pangan Jawa Tengah. Festival yang diikuti DPC dari kabupaten/kota tersebut akan ditinjau langsung oleh Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani.

Sedangkan di hari sebelumnya, Rabu (8/11) petang di Panti Marhaen akan digelar Pembukaan Klinik Kesehatan Gratis, Pengukuhan Komunitas Banteng Muda Indonesia, dan Pelantikan Pengurus Banteng Muda Indonesia Jateng.

Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jateng, Rukma Setyabudi menjelaskan, konsolidasi diselenggarakan sehari setelah Megawati menghadiri pesta pernikahan putri Jokowi, Kahiyang Ayu, di Solo. “Kami ingin konsolidasi untuk lebih memperkokoh persatuan dan kesatuan kita, melihat bagaimana kinerja kita, tentunya kami cukup bisa membanggakan diri untuk menyampaikan semua kepada ibu (Megawati) saat konsolidasi nanti,” ungkapnya.

Rukma membantah kedatangan Megawati untuk mengumumkan rekomendasi terkait Pilkada serentak di Jateng. Menurutnya, rekomendasi untuk Pilgub Jateng baru akan turun pada Januari 2018.

“Untuk daerah sudah ada yang turun. Tapi saya nggak hafal, baru satu atau dua saja yang keluar. Itu (rekomendasi Pilgub) kemungkinan ya, karena yang ngerti Bu Ketum sendiri, namun biasanya begitu,” jelasnya.

Rukma mengaku kedatangan Megawati secara psikologis akan membakar semangat bagi para kader. Diharapkan, kinerja partai akan semakin terdongkrak dengan konsolidasi dari Megawati.

Dijelaskan, selama ini PDI Perjuangan Jateng menorehkan banyak prestasi yang perlu dibanggakan. Dari 35 daerah di Jateng, partai tersebut memiliki seluruh pimpinan di parlemen dengan 29 sebagai Ketua DPRD dan 6 sebagai wakil DPRD. “Bupati/wali kota juga banyak, ada 21 daerah. Ini luar biasa bagi kami, dan kami siap untuk memenangkan Pilkada yang akan datang,” kata Ketua DPRD Jateng ini. (amh/ric)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here