Ciptakan Inovasi Helm Pintar

170
PAMERKAN INOVASI : Salah satu siswa dari SMKN 1 Bulukamba memamerkan temuan smart helm yakni safety check rider (SCR) Nebula. (istimewa)
PAMERKAN INOVASI : Salah satu siswa dari SMKN 1 Bulukamba memamerkan temuan smart helm yakni safety check rider (SCR) Nebula. (istimewa)

SEMARANG – Salah satu sekolah binaan Astra Motor Jateng, yakni SMKN 1 Bulukamba berhasil menciptkan helm pintar yang terkoneksi dengan motor. Temuan helm yang dinamakan safety check rider (SCR) Nebula itu membuat motor tidak bisa dihidupkan sebelum helm terpakai dengan benar hingga ‘klik’.

Perancang SCR Nebula sendiri adalah Diana Sulistiani, Dimas Khumaedi, Maulana Aziz Saputra, Arif Saefulah dan Jhoni Kuncoro. Mereka menciptakan alat tersebut lantaran terinspirasi dari pengendara yang malas memakai helm, ataupun menggunakan helm tapi tidak mengaitkan kaitan helm. “Helm merupakan alat pelindung kepala utama saat berkendara, untuk itu kita tercetus bikin helm SCR Nebula ini, biar gak ada alasan lagi untuk gak pakai helm,” kata Jhoni, salah satu siswa.

Setelah ide tercetus, akhirnya dibuatlah penelitian dan dilakukan inovasi dengan modal  biaya pembelian komponen pendukung sebesar Rp 150 ribu. Kompenen tersebut memiliki rangkaian modul elektornik di dalam helm yang tersambung melalui jaringan wireles dengan motor. “Kemudian dilakukan modifikasi jaringan tersebut agar sinkron dengan sistem kelistrikan pada sepeda motor,” jelasnya.

Selain agar mewajibkan pengendaranya menggunakan helm, ide kreatif anak-anak tersebut juga bisa mencegah sepeda motor dari aksi pencurian. Pasalnya, motor tidak akan menyala dan akan menimbulkan suara jika helm belum terpasang dengan benar. “Singkatnya helm ini seperti peringatan pada sabuk pengaman di dalam mobil keluaran terbaru. Bedanya, kalau helm ini mesin tidak akan menyala kalau belum klik. Modul yang kami sematkan ke dalam motornya mirip sistem alarm pada kendaraan,” tutupnya.

Tidak tanggung-tanggung, ide kratif kelima siswa jurusan teknik sepeda motor tersebut, pernah dilombakan dalam ajang Astra Road Safty Challenge tingkat nasional yang digelar oleh Astra Internasional di Medan, pada 22-23 September 2017 lalu. Atas inovasi helm SCR Nebula, mereka berhasil mejadi juara kedua pada ajang tersebut.

Kepala Wilayah Astra Motor Jateng Yohanes Kurniawan mengatakan karya ini merupakan produk dari budaya safety riding yang sudah diterapkan di SMKN 1 Bulakamba yang notabenenya merupakan sekolah binaan. Sejauh ini pihaknya memiliki 61 sekolah lainnya yang siap untuk dijadikan Honda Safety Culture School. (den/ric)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here