Wujudkan Sekolah Hijau dan Asri

163
KERJA BAKTI : Guru dan siswa SDN Wonolopo 01 Mijen menggandeng warga sekitar dalam kerja bakti guna menyongsong Lomba Adiwiyata Pendidikan. (ADENNYAR WYCAKSONO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
KERJA BAKTI : Guru dan siswa SDN Wonolopo 01 Mijen menggandeng warga sekitar dalam kerja bakti guna menyongsong Lomba Adiwiyata Pendidikan. (ADENNYAR WYCAKSONO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Keiukutsertaan SDN 1 Wonolopo, Kecamatan Mijen dalam lomba Sekolah Adiwiyata membuat pihak sekolah memberdayakan guru dan siswanya untuk mewujudkan lingkungan hijau dan asri. Tak hanya itu, pihak sekolah pun menggandeng masyarakat sekitar untuk membantu menata sekolah sebelum kedatangan tim juri pada 10 November mendatang.

Kepala SDN 1 Wonolopo, Nursiyah mengatakan dalam lomba Sekolah Adiwiyata diperlukan keterlibatan semua komponen sekolah termasuk masyarakat sekitar, serta orang tua siswa untuk melakukan penataan guna meraih Piala Adiwiyata. “Perlu ada peran dari semua pihak, kami didapuk menjadi wakil Kecamatan Mijen. Kami juga melakukan kerja bakti seperti pengelolaan  sampah, kelola limbah, menghijaukan kembali tanaman dengan hidroponik, sampai pembuatan sumur resapan,” katanya Senin (6/11).

Ia menerangkan dalam kerja bakti yang dilakukan bersama ini dibagi beberapa peran. Diantaranya guru membuat panel hidroponik, siswa membuat pot tanaman hidroponik, warga yang ahli pertamanan membuat kebun toga dan sayur, sampai pembuatan lubang sumur resapan dibuat gotong royong. “Bahkan ada warga yang bisa mendesain taman, kami meminta tolong untuk membuat taman dan kolam ikan, pihak dari Kecamatam pun ikut mengulurkan tangan untuk membantu,” paparnya.

Terpisah, Koordinator kerja bakti Sunari menambahkan warga sekitar menargetkan agar SDN 1 Wonolopo bisa menjadi juara dalam ajang tersebut. Selain itu ada misi lainnya yang ingin diajarkan yakni untuk mendidik siswa agar menjaga dan merawat lingkungan sekolah. (den/ric)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here