Tertipu Lapak Abal-abal

129

SEMARANG – Maraknya penjualan barang melalui online dimanfaatkan sejumlah oknum yang tidak bertanggungjawab untuk menipu. Oleh karena itu harus jeli dan cari informasi sebanyak-banyaknya untuk memastikan akun penjualan di situs online tersebut benar-benar valid.

Langsung percaya tanpa mengkonfirmasi kebenaran akun penjualan di online, akan bernasib sama seperti Rendi Budi Kurniawan, 18, warga asal Jakarta yang kini tinggal di Gunungpati, Semarang, itu tertipu akun lapak online dengan nama rekening Heri Effendi. Rendi telah mentrasfer uang Rp 440 ribu ke rekening Heri Effendi untuk pemesanan aksesoris box motor hingga kini tak kunjung tiba.

Hingga akhirnya, pemuda yang masih berstatus pelajar SMA di Kota Semarang, ini mendatangi Mapolrestabes Semarang untuk melaporkan akun lapak online bernama Heri Effendi atas dugaan penipuan.

Peristiwa ini bermula ketika korban tergiur oleh gambar aksesoris box motor yang terpampang di akun lapak bernama Heri Effendi pada 23 Oktober 2017 silam. Kemudian, selang satu minggu korban bertransaksi melalui media sosial Black Berry Messenger (BBM) dengan Heri Effendi yang mengaku berdomisili di Jakarta.

“Setelah kontak-kontakan lewat BBM, kemudian saya transfer uang Rp 440 ribu, untuk pesan barang itu,” ungkap korban saat didepan petugas Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polrestabes Semarang, Senin (6/11) kemarin.

Menurut korban, uang ratusan ribu tersebut dikirim melalui rekening bank ditujukan atas nama Heri Effendi, Minggu (5/11) sekitar pukul 22.30 WIB. Setelah kirim uang, korban dijanjikan oleh Heri Effendi akan mendapat resi pengiriman barang pada esok harinya pukul 08.00 WIB.

“Namun saat saya tunggu sampai jam 08.00 WIB belum ada kabar dari Heri Effendi. Bahkan, setelah jam 08.00 kontak BBM saya di delcon dia (Heri Effendi),” katanya.

Saat ini kasus tersebut telah ditangani oleh Stareskrim Polrestabes Semarang.
“Sampai sekarang belum ada kabar, makanya saya lapor polisi. Tadi bilangnya, dari kepolisian nanti akan memblokir rekening Heri Effendi kalau sampai hari Sabtu belum ada kabar,” ujarnya. (mha/zal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here