Siswa Bina Utama Ramaikan Karnaval

203
KREATIF: Karnval Peringatan Hari Pahlawan yang digelar SMK Bina Utama Kendal berlangsung semarak. (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)
KREATIF: Karnval Peringatan Hari Pahlawan yang digelar SMK Bina Utama Kendal berlangsung semarak. (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)

KENDAL – Menyambut peringatan Hari Pahlawan Nasional 10 November, SMK Bina Utama menggelar karnaval. Yakni karnaval bertajuk Semangat Pahlawan Memperkuat Kebhinekaan dan Mempetahanan NKRI.

Karnaval diikuti siswa dari 57 kelas sekolah setempat ini para pesertanya diwajibkan mengangkat semangat kepahlawanan. Dimana peserta mengenakan pakaian dan atribut pahlawan. Selain itu nampak mobil yang dihiasi menyerupai tank tempur.

Rute yang diambil para  peserta melakukan longmarch dair dari halaman  sekolah berputar  ke Barat melalui  bundaran  Jalan Tentara Pelajar dan kembali  finish di halaman  sekolah. Uniknya karnaval menarik perhatian warga sekitar untuk menyaksikan karnaval tersebut.

Karena panjangnya peserta yang mengikuti karnval dan warga yang menyaksikan mengakibatkan kemacetan arus lalulintas di jalur Pantura, Jalan Tentara Pelajar Hingga Desa Purwokerto Indah (Purin).  Di Bunadaran  pertigaan Purin   ada  panggung kehormatan dimana para  siswa  menunjukkan  kebolehanya  di hadapan para  juri agar  bisa  menjadi juara.

Salah satu  peserta siswi  SMK Bina Utama, Risna Karunia   menggenakan pakaian  tentara  sambil menenteng pistol. Ia mengaku sangat ingin menjadi tentara untuk melindungi NKRI. “Kami ingin meneladani jiwa perjuangan dan semangat pantang menyerah para pahlawan terdahulu. Sehingga Indonesia saat ini bisa bersatu dan merdeka,” katanya, kemarin.

Menurutnya, dalam memaknai perjuangan tidak hanya perang saja. Tapi untuk pelajar bisa mengisinya dengan semangat dan gigih belajar. Sebab generasi muda adalah generasi peneruhs bangsa. “Jadi harus maju dengan belajar giat, sehingga Indonesia ini tidak dijajah lagi oleh  negara lain,” tuturnya.

Sementara  Kepala  SMK Bina Utama, Andi Purnomo mengatakan, kegiatan Karnafal  hari pehlawan ini  di peringati maju  sebab  pada  tanggal  10 November nanti  siswa kelas XI sudah magang atau praktik lapangan. “10  November  siswa kelas XI  magang di perusahaan, maka kami ajukan untuk peringatan hari pahlawan” kata  Andi.

Ia menjelaskan sengaja menggelar karnaval sebagai peringatan hari pahlawan. Selain untuk membangkitkan rasa Nasionalisme pada siswa, juga untuk menumbuhkan semangat mereka dalam belajar. “Selain itu juga untuk mengajak dan menyadarkan masyarakat 10 November sebagai hari pahlawan. Sehingga tumbuh rasa memiliki negeri ini,” tambahnya. (bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here