Punya Leadership Kuat dan Cerdas

Azzahra Jelita Kusuma Pamilih, Jawara Lomba Debat

283
SMART: Azzahra Jelita Kusuma Pamilih, siswi SMA TN Magelang. 9AGUS HADIANTO/JAWA POS RADAR KEDU)
SMART: Azzahra Jelita Kusuma Pamilih, siswi SMA TN Magelang. 9AGUS HADIANTO/JAWA POS RADAR KEDU)

Azzahra Jelita Kusuma Pamilih, siswi kelas XII MIPA 6 SMA Taruna Nusantara (TN) Magelang angkatan TN-26 baru saja menorehkan prestasi membanggakan. Ia menyabet predikat juara satu bersama dua rekan lainnya dalam Lomba Debat Bahasa Indonesia tingkat nasional.

PANCARAN matanya cukup tajam. Pun, tutur bahasanya tertata rapi dan lugas. Itulah sekilas kesan seorang siswi cerdas bernama Azzahra Jelita Kusuma Pamilih.

Azzahra—sebutan intimnya—masuk SMA TN melalui jalur beasiswa yang diberikan oleh Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara (Ikastara) TN-12. Ia berhasil mengalahkan ribuan calon penerima beasiswa lainnya. Gadis asal Karanganyar, Jawa Tengah itu, baru saja meraih predikat jawara satu bersama dua rekan lainnya dalam Lomba Debat Bahasa Indonesia tingkat nasional. Lomba ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI pada Mei lalu.

“Awalnya, saya ikut lomba di tingkat daerah, tingkat provinsi. Sampai akhirnya, ditunjuk mewakili Provinsi Jawa Tengah untuk ikut di tingkat nasional. Di tingkat nasional, saya bersama rekan satu sekolah, yaitu Belly Ali Rakhmadansyah dan satu rekan lain dari SMA 3 Semarang, Dania Emeralda Firdausy. Kami berjuang dan berhasil menjadi juara 1,” kata Azzahra.

Azzahra bercerita, minatnya di dunia debat, baru muncul saat menempuh pendidikan di SMA TN. Sebelumnya, dara berperawakan tinggi ini lebih menyukai mata pelajaran Fisika. “Iklim diskusi sangat terbangun di sini (SMA TN), lingkungan sangat mendukung. Terlebih, kami memang tidak sekadar dididik akademi semata, tetapi juga dituntut bisa tampil di depan, harus siap ketika ditunjuk untuk maju tampil, serta harus bisa menyusun argumen,” ujarnya.

Putri pasangan Bayu Tunggul Pamilih dan Irmawati Kusumastuti itu menganggap, keputusannya terjun ke dunia debat, cukup tepat. Selain banyak pengalaman berharga, wawasannya pun semakin luas. “Ya, kita dituntut up to date, harus tahu apa saja yang sedang trending di khalayak ramai. Jadi, otomatis harus sering-sering explore. Melalui debat, kita bisa melihat argumen seseorang dari banyak sisi, dari perspektif lain.”

Selain menjadi andalan dalam setiap lomba debat, Azzahra juga memiliki kemampuan leadership yang kuat. Terbukti, gadis kelahiran 16 Mei 2001 itu, saat ini menduduki posisi Ketua Umum III OSIS SMA TN. Kesan leadership dan menjadi teladan, juga ditunjukkan saat awal masuk di SMA TN. Ia menjadi peringkat 3 dalam masa Pendidikan Dasar Kedisiplinan dan Kepemimpinan (PDK).

“Masa PDK selama tiga bulan, kita diarahkan untuk mengenal lingkungan SMA TN dan juga diajarkan hidup mandiri, tanpa adanya campur tangan orang lain, terutama orang tua. Terputus dengan dunia luar. Alhamdulillah, saya peringkat ketiga untuk secara keseluruhan siswa kelas X SMA TN. Namun untuk kategori putri, saya satu-satunya.” Pendidikan di SMA TN, menurutnya, sangat mendukung sisi akademis dan sisi persiapan sebagai generasi unggul berkarakter. Pihak sekolah sangat mendukung para siswanya untuk berorganisasi.

Kepala Humas SMA TN, Drs. Cecep Iskandar, M. Pd, mengakui, Azzahra merupakan sosok siswi yang bisa menjadi panutan pelajar lainnya. Selain memiliki karakter leadership yang mumpuni, Azzahra juga memiliki kecerdasan. “Azzahra dalam akademis sangat bagus, selalu masuk dalam 10 besar di kelas. Azzahra juga bisa diandalkan ketika tiba-tiba ditunjuk untuk mewakili memberikan kata sambutan tanpa teks, tidak pernah menolak dan membawakannya sangat lancar.” (agus.hadianto/isk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here