Maksimalkan Rumah Pintar Pemilu

113

SEMARANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng ditargetkan mampu menggaet sedikitnya 75 persen pemilih yang berpartisipasi pada Pilgub dan Pilkada serentak 2018 mendatang. Karena itu, KPU Jateng telah membuka Rumah Pintar Pemilu (RPP) di 35 kabupaten/kota di wilayahnya.

Ketua KPU Jateng Joko Purnomo menyampaikan, RPP sudah ada di semua kabupaten kota dengan memanfaatkan gedung KPU setempat. Keberadaannya sudah ada sejak Juni 2016 lalu. RPP merupakan wahana untuk mengedukasi dan sosialisasi kepada pemilih, terutama pemilih muda. RPP bisa dimanfaatkan calon pemilih untuk mencari tahu tentang sistematika dan tahapan pemilu. Baik yang ada di kabupaten/kota atau di provinsi.

Agar bisa efektif, KPU Jateng menggandeng SMA dan SMK di seluruh Jateng. Pasalnya, pemilih pemula banyak dari kalangan pelajar SMA/SMK. “Memang harus dimaksimalkan secara terstruktur, masif dan sistematis. Terutama, untuk kalangan pemilih pemula,” katanya.

Pemanfaatkan RPP bagi para pemilih pemula, bisa dilakukan dengan bergiliran berkunjung untuk belajar terkait pemilu, seperti seminar, diskusi, FGD, dan sharing lainnya.

Joko menyebutkan tren partisipan di Jateng cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Pada Pilgub 2013 lalu, dari 27 juta pemilih yang terdata hampir 79,79 persen menggunakan hak pilihnya. Jumlah itu melebih target yang ditetapkan KPU Pusat di Jateng sekitar 75 persen dari total keseluruhan pemilih.

“Kalau kami sebenarnya ingin 100 persen yang berpartisipasi. Tapi, hal itu mustahil. Apalagi di Jateng ini banyak warganya yang berdomisili di luar negeri atau pun provinsi lain,” paparnya. (amh/ric)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here