Kepala Desa Di-Warning Jangan Berikan Amplop

150

MUNGKID—Perangkat desa di Kabupaten Magelang diminta untuk tidak memberikan suguhan dalam bentuk apapun–lebih-lebih memberikan amplop—kepada aparat yang melakukan pemeriksaan penggunaan dana desa.

“Jadi saya tegaskan, jika ada aparat manapun yang datang untuk memeriksa pengelolaan dana desa, tidak usah bingung memberikan suguhan apapun, apalagi memberikan amplop yang berisi uang,” kata Kepala Inspektorat Kabupaten Magelang, Ismu Kuswandari, di sela kegiatan pembinaan kepada ratusan aparatur desa se-Kecamatan Borobudur di Balkondes Karangrejo, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Senin (6/11) kemarin.

Ismu menegaskan, pengelolaan dana desa saat ini tidak hanya diawasi oleh Inspektorat semata. Tapi juga kepolisian dan masyarakat turut mengawasi.

Sebaliknya, Ismu Kuswandari mengakui, masih banyak ditemukan kesalahan secara administrasi yang dilakukan oleh aparatur pemerintah desa. “Kalau penyimpangan secara disengaja mungkin tidak. Tapi kalau kesalahan administrasi, masih banyak ditemukan.”

Terkait temuan itu, kata Ismu, pihaknya bisa memaklumi. “Karena sumber daya manusia yang ada di tingkat pemerintahan desa masih perlu diberikan pembinaan.”

Selain melaksanakan pengawasan, Inspektorat juga melakukan pembinaan. “Kita akan mensinkronkan saja. Aturannya seperti ini dan apakah telah berjalan sesuai aturan,” pungas Ismu Kuswandari. (jpg/isk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here