Fokus Kembangkan Wisata di Borobudur

197
Nusyirwan Soedjono. (DOK RADAR KEDU)
Nusyirwan Soedjono. (DOK RADAR KEDU)

ANGGOTA DPR RI Komisi V, Nusyirwan Soedjono menyampaikan komitmennya bakal terus mendukung perkembangan wisata di kawasan Candi Borobudur. Menurutnya, orientasi wisata Borobudur harus mulai digiring ke kawasan sekitar, karena memiliki potensi luar biasa.

Hal itu diungkapkan Nusyirwan saat menghadiri malam puncak Merti Desa di Desa Candirejo Kecamatan Borobudur. Masyarakat menggelar kegiatan wayang kulit semalam suntuk di halaman Balai Desa setempat.

“Melalui berbagai program seperti PISEW (Pengembangan Infrastruktur Sosial dan Ekonomi Wilayah) dan lainnya, kita akan terus bantu infrastukturnya. Supaya kawasan Borobudur ini tumbuh,” kata Nusyirwan.

Politisi PDI Perjuangan itu mengatakan, kawasan di sekitar Borobudur, harus terus didorong untuk maju. Sebab banyak potensi lokal yang layak disajikan untuk wisatawan. “Di sini ada banyak kerajinan, potensi budaya juga ada. Potensi lain seperti keindahan alam juga banyak.”

Tahun ini, Nusyirwan sudah mengusulkan kegiatan pembangunan infrastruktur jalan antardesa. Tahun depan, dia akan mengusulkan ke kementerian terkait untuk memperkuat kawasan Borobudur.

Dia berharap, dengan banyaknya program percepatan infrastuktur di kawasan, akan membawa manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat dan pengembangan pariwisata. “Bapak Presiden juga sudah sering menginstruksikan untuk membangun dari pinggiran. Nah, ini kita juga mulai banyak mengusulkan pembangunan dari pinggiran.”

Nusyirwan berharap, pada 2019 nanti, seluruh infrastruktur di kawasan Borobudur, sudah baik secara keseluruhan. Sehingga target kunjungan wisatawan asing ke Borobudur sebanyak 2 juta orang, bisa memberikan manfaat langsung kepada masyarakat setempat.

Ketua DPRD Kabupaten Magelang Saryan Adi Yanto mengapresiasi program-program yang sudah diaspirasikan oleh Nusyirwan. Menurut Saryan, perkembangan kawasan Borobudur harus terus didorong untuk percepatan. (vie/isk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here