Deklarasikan Stop BABS 

139

KENDAL – Desa Pojoksari, Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal menggelar Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Deklarasi ini sebagai bentuk gerakan bersama untuk membangun sarana Mandi Cuci Kakus (MCK) bersama untuk mewujudkan Kendal 2018 bebas BABS.

Kegiatan berlangsung di balai Desa belum lama ini, dihadiri Muspika. Pesertanya ada sebanyak  90  warga masyarakat, serta Kepala Desa Sekecamatan Rowosari. “Deklarasi ini sebagai pendidikan kesehatan kepada warga agar menjaga kesehatan diri, serta lingkungan sekitar,” kata dokter Nur widya Astuti dari Dinas Kesehatan Kendal.

Apalagi, lanjut Widya, sebentar lagi musim hujan. BABS bisa berakibat buruk kesehatan warga. Baik anak-anak sampai orang dewasa. “Sebab virus maupun bakteri dari BABS ini bisa menyebabkan penyakit seperti disentri, atau muntaber yang penyebarannya cepat lewat air,” tandasnya.

Selain itu juga menyebabkan penyakit lainnya seperti penyakit yang menyerang kulit. kudis, kurap.  “Melalui kegiatan ini diharapkan meningkatkan  kesadaran warga tentang dampak bagi lingkungan sekitar,” kata dia.

Pelda Sudaryanto mengatakan, kegiatan ini di lakukan sebagai upaya untuk memberikan pengetahuan kepada warga bahaya dan dampak dari buang air besar sembarangan. Sebab saat ini masih banyak warga yang belum mempunyai jamban sehingga mereka biasanya buang air besar di sungai.

Hal ini bisa mengakibatkan dampak buruk bagi kesehatan masyrakat disekitarnya. “Kesehatan merupakan faktor penting dalam kehidupan ini, lebih baik mencegah dari pada mengobati,” kata dia. (bud/bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here