Tiroid Bisa Picu Kanker Ganas

107
SEMINAR KESEHATAN: dr Mohammad Robikhul Ikhsan menyampaikan materi seminar tentang kelainan tiroid kepada para peserta seminar kesehatan yang diselenggarakan oleh Laboratorium Klinik Prodia Magelang, di Hotel Atria Magelang, akhir pekan lalu (PUPUT PUSPITASARI/JAWA POS RADAR KEDU).
SEMINAR KESEHATAN: dr Mohammad Robikhul Ikhsan menyampaikan materi seminar tentang kelainan tiroid kepada para peserta seminar kesehatan yang diselenggarakan oleh Laboratorium Klinik Prodia Magelang, di Hotel Atria Magelang, akhir pekan lalu (PUPUT PUSPITASARI/JAWA POS RADAR KEDU).

MAGELANG – Masyarakat yang tinggal di wilayah Kedu, patut waspada terhadap penyakit Tiroid. Penyakit ini bisa menyerang anak-anak hingga orang dewasa. Penyakit ini menjadi salah satu pemicu kanker ganas.

“Melihat letak geografinya, di sini (Kedu, Red) adalah daerah pengunungan. Biasanya, orang-orang yang tinggal di pegunungan, kekurangan zodium. Sehingga menyebabkan kelainan hormon Tiroid,” kata Kepala Cabang Laboratorium Klinik Prodia Magelang, Dony Munarko, Sabtu (4/11) lalu.

Doni menjelaskan, gangguan Tiroid terjadi karena adanya disfungsi kelenjar Tiroid. Baik yang menghasilkan terlalu sedikit atau terlalu banyak hormon Tiroid di dalam tubuh.

Jika penyakit tersebut menyerang anak-anak, kata Dony, dapat menganggu tumbuh kembang anak. Sebaliknya, jika diidap oleh orang dewasa, menyebabkan kelenjar gondok membesar. Bagi bu hamil, bisa menyebabkan kelainan janin. Gangguan Tiroid dapat menyerang wanita hingga sepuluh kali lebih besar daripada pria.

“Penyakit ini kadang tidak bergejala. Ini merupakan kondisi yang serius, tapi mudah diobati, apalagi jika penyakit ini diketahui sejak dini,” ujarnya.

Karena itu, diperlukan pemeriksaan laboratorium. Di antaranya, cek Thyroid Stimulating Hormone (TSHs), Antithyroid Peroxidase Antibodies (Anti TPO), Thyroid Stimulating Immunoglobulliin (TSI) atau TSH Receptor Autoantibodies (TRab), FT4, Thyroglobullin Antibodies (TgAb), dan sebagainya. “Kami (Prodia) menyediakan pemeriksaan tersebut,” kata Dony.

Ironisnya, kesadaran masyarakat terhadap bahaya penyakit Tiroid masih rendah. Indikasinya, pemeriksaan dini terhadap jenis penyakit tersebut masih sedikit. “Padahal, pemeriksaan dini dapat meminimalisasi kelainan yang diakibatkan kekurangan atau kelebihan hormon Tiroid ini serta untuk memantau pengobatan, jika sudah ada kelainan hormon Tiroid,” ungkapnya.

Sebagai langkah awal mengenali penyakit Tiroid dan cara penanganan yang tepat, maka Prodia Magelang menggelar seminar kesehatan. Temanya: Getting To Know More About Your Thyroid Gland. Kegiatan ini bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Magelang. Seminar dilaksanakan di Hotel Atria, Magelang.

Kegiatan diikuti 90 peserta. Pesertanya, dokter umum dan dokter spesialis di wilayah eks karesidenan Kedu. Pembicara dalam seminar ini, dr M Robikhul Ikhsan, M.Kes SpPD-KEMD FINASIM dan dr H Harli Amir Mahmudji Sp.PD-KEMD. (put/isk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here