Persaingan Ketat, Kuatkan Koperasi

151

SEMARANG – Maraknya persaingan bisnis perjalanan umrah dan haji plus yang semakin kompetitif membuat Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah RI (Amphuri) Pusat turun ke daerah. Diantaranya turun ke DPP Amphuri Jateng DIY untuk melakukan penguatan fungsi koperasi Amphuri. Kegiatan berlangsung di Hotel Pandanaran, Jumat (3/11).

Wakil Sekretaris Jenderal I Amphuri Pusat, M Farid Aljawi mendorong terbentuknya Koperasi Amphuri di 11 DPD Amphuri seluruh Indonesia. Khusus untuk Jateng-DIY lembaga itu sudah dibentuk dan Amphuri Pusat tinggal melakukan konsolidasi dengan para pengurus daerah.

“Total 12 DPD Amphuri sudah memiliki koperasi untuk memberikan kemudahan para anggota Amphuri di daerah. Harapannya agar pelayanan dan harga yang ditawarkan berkualitas dan terjangkau.  Dengan harapan bisa terjangkau untuk kalangan lapisan paling bawah di masyarakat,” katanya.

Lebih lanjut Farid mengatakan Koperasi Amphuri memberikan fasilitas berupa pelayanan kemudahan pengurusan visa maupun pemilihan pesawat serta hotel yang direkomendasikan dengan kualitas yang bagus.

“Sehingga para anggota Amphuri di daerah tidak perlu datang ke Jakarta untuk mengurus hal itu karena akan dilayani oleh koperasi Amphuri lewat sistem dalam jaringan (daring),” ungkapnya.

Untuk itu pihaknya tengah menggandeng teknisi teknologi informasi (TI) dengan harapan dalam segi penjualan jasa kepada masyarakat menjadi lebih mudah. “Dengan begitu para anggota Amphuri di daerah juga melek teknologi dan mereka bisa terus bersinergi dengan kami di Amphuri Pusat,” imbuhnya.

Ketua Koperasi Amphuri Pusat, Amaluddin Wahab mengatakan terkait terobosan baru yang dilakukan, pihaknya akan melakukan sosialisasi ke daerah lainnya, tidak hanya di Jateng-DIY. Semangat silaturahmi antar anggota juga ingin terus ditingkatkan dengan adanya Koperasi Amphuri ini.

“Dengan pertemuan dengan pengurus Amphuri Jateng-DIY juga bisa disosialisasikan kepada anggota. Dan itulah pentingnya silaturahmi antar anggota. Pasalnya dalam tiga tahun ke depan akan sulit jika tidak bersatu karena kompetitor nanti dari luar negeri seperti Malaysia dan Brunei Darussalam,” katanya.

Ketua Amphuri Jateng-DIY, Endro Dwi Cahyono menambahkan dengan adanya terobosan terbaru, pihaknya menyambut baik. Dengan begitu para anggota bisa mendapatkan akses yang mudah dalam melayani masyarakat dalam hal umrah dan haji plus.

“Dengan begitu masyarakat bisa menikmati paket umrah dengan biaya terjangkau dan nyaman nantinya dari para anggota Amphuri. Selain itu juga ada jaminan kepastian keberangkatan para jamaah. Kekhawatiran terkait umrah abal-abal juga bisa terkikis dengan adanya hal ini,” ungkapnya. (hid/ric)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here