Pemakai Sabu-Sabu Dibekuk

112

SALATIGA — Ranto Budi Harjo alias Mbah Jack, 58, warga Jangkungan Mangunsari Salatiga ditangkap Satnarkoba Polres Salatiga dalam dugaan kasus penyalahgunaan narkoba, Jumat (3/11). Karyawan swasta itu ditangkap polisi berdasarkan laporan dari masyarakat bahwa di salah satu rumah di kampung Jangkungan ada seseorang yang sering mengkonsumsi narkoba.

Berkat laporan itu, petugas yang dipimpin oleh Kasat Narkoba Polres Salatiga AKP Bambang Budiono langsung turun lapangan untuk melakukan penyelidikan.Dari hasil penyelidikan dan pengintaian selama beberapa hari, diyakini bahwa benar pada salah satu rumah di kampung itu digunakan sebagai lokasi mengonsumsi narkoba, dan pelakunya mengarah pada Ranto.

Ketika ditangkap dan digeledah, pelaku tidak bisa mengelak. Pasalnya, ditemukan barang bukti antara lain, satu paket sabu terbungkus plastik klip bening seberat 0,38 gram, satu buah pipet kaca bening, satu potong sedotan lancip warna putih, satu buah tutup botol minuman dengan dua lobang, satu tas cangklong warna hitam dan satu buah ponsel.

Kapolres Salatiga AKBP Yimmy Kurniawan membenarkan penangkapan tersebut, dan tersangka kini ditahan di ruang tahanan Polres Salatiga untuk kepentingan penyidikan. Dari hasil tes urine, tersangka positif mengkonsumsi narkoba jenis sabu.

Terpisah, Kasat Narkoba AKP Bambang Budiono mengatakan, penangkapan tersebut berdasarkan informasi yang diberikan oleh masyarakat kepada polisi. “Setelah mendapat informasi, kami dan anggota langsung bergerak cepat untuk melakukan penyelidikan dan pemantauan sampai akhirnya tersangka dapat kami tangkap,” jelas Bambang.

Dugaan sementara, tersangka adalah pemakai. Barang haram itu didapatkan dari seseorang yang tidak dikenal yang dihubungi melalui ponsel. Tersangka dijerat dengan pasal 112 ayat 2 dan 127 ayat 1 undang-undang nomor 35 tahun 2009 .

Kasubag Humas Polres Salatiga AKP I Nyoman Suasma mengatakan, sampai November 2017 ini Satnarkoba Polres Salatiga telah 10 kali menangkap pelaku penyalahgunaan narkoba. Semua pelaku sudah disidangkan di pengadilan. (sas/ton)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here