Lestarikan Kesenian Nazrak

Desa Brongkol Kecamatan Jambu

128
SAMBUT TAMU : Kesenian Nazrak dari Dusun Getas, Desa Brongkol, Kecamatan Jambu, ditampilkan untuk penyambutan tamu (Ist).
SAMBUT TAMU : Kesenian Nazrak dari Dusun Getas, Desa Brongkol, Kecamatan Jambu, ditampilkan untuk penyambutan tamu (Ist).

JAMBU – Desa Brongkol, Kecamatan Jambu, memiliki kesenian tradisional yang hingga kini terus dilestarikan. Kesenian ini berupa tarian, diiringi syair islami yang dilantunkan bersama alat musik ”keprak” yang terbuat dari bambu.

”Ini kesenian yang mungkin satu-satunya di Kabupaten Semarang, namanya kesenian Nazrak. Biasanya dimainkan 10-12 orang,” ujar Sekretaris Desa Brongkol, Suparwanto.

Sekdes : Suparwanto (Sigit Andrianto/ Jawa Pos Radar Semarang).
Sekdes : Suparwanto (Sigit Andrianto/ Jawa Pos Radar Semarang).

Kesenian Nazrak biasa ditampilkan untuk menyambut tamu.  Berbagai upaya terus dilakukan pemerintah desa untuk menjaga kesenian ini supaya tidak tergerus oleh perkembangan zaman.

”Kami biasanya melakukan pembinaan dan arahan kepada warga, terutama di Dusun Getas dimana kesenian ini berada. Satu hal lagi yang terus kami lakukan adalah regenerasi,” jelas Suparwanto kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Dalam hal regenerasi, dikatakan oleh Suparwanto, kesenian ini tidak terlalu menghadapi kendala. Sebab, dalam diri pemuda Dusun Getas telah tumbuh rasa memiliki terhadap kesenian desa penghasil durian dan kopi, ini. Sehingga, secara otomatis anak-anak muda akan meneruskan pemain-pemain sebelumnya.

”Harapan kami tentunya dengan regenerasi kesenian asli desa ini bisa tetap lestari. Syukur-syukur bisa dikenal oleh banyak orang,” harapnya.

Suparwanto menambahkan bahwa banyak makna filosofi yang dapat diambil sebagai pelajaran dari kesenian ini, yang tentunya akan memberikan manfaat dalam menjalani hidup.

”Kalau di kesenian ini ya tentang kebersamaan. Selain itu mengenai membina hubungan antara manusia dengan Tuhan. Sangat luas makna yang kita dapat ketika kita berbicara mengenai seni,” imbuhnya. (cr4/zal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here