Gerindra Tunggu Hasil Survei

190

SEMARANG – Partai Gerindra belum memastikan nama yang bakal diajukan dalam bursa Pilgub Jateng 2018 mendatang. Saat ini, hanya ada dua nama yang masuk dalam radar partai bergambar kepala garuda ini. Yakni Wakil Ketua Umum Gerindra Ferry Juliantono serta mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said.

Ferry pun digadang-gadang punya kans lebih besar karena merupakan kader internal. Terlebih, belakangan ini Ferry terus menggeber sosialisasi ke sejumlah daerah di Jateng. Terhitung sudah 80 persen wilayah Jateng telah dikunjunginya.

Ketua Desk Pilkada Partai Gerindra Jateng, Sriyanto Saputro menjelaskan, keputusan rekomendasi sepenuhnya ada di DPP Gerindra. Rekomendasi itu bakal diberikan ke salah satu nama dengan berbagai pertimbangan. Termasuk hasil survei elektabilitas dan popularitas. “Semua keputusan ada di DPP. Semua kader hanya diminta untuk melakukan sosialisasi untuk meningkatkan popularitas dan elektabilitas,” ucapnya, Minggu (5/11).

Dijelaskan, untuk DPD Gerindra Jateng sendiri tengah menjalin komunikasi dengan parpol lain demi menjalin koalisi. “Kursi kami belum mencukupi (untuk mengusung calon sendiri). Maka kami membuka diri untuk koalisi dengan parpol lain,” katanya.

Diakui, sudah ada sejumlah partai yang mengerucut. Mulai PKS, PAN, PKB, Demokrat, dan Golkar. Dia pun berharap, jika sejumlah parpol itu sepakat menjalin koalisi, bisa duel head to head dengan PDIP di Pilgub mendatang.

Sementara itu, dalam sosialisasinya, Ferry lebih banyak menjabarkan mengenai program ketika dia diapuk menjadi Gubernur Jateng periode 2018-2023. Dia ingin warga Jateng menjadi lebih semangat, lebih maju, dan dinamis. Semua itu bisa diperoleh melalui kebijakan-kebijakan yang berpihak kepada rakyat.

Program yang paling diunggulkan adalah pengentasan kemiskinan. Dia menilai, kemiskinan di Jateng sangat memprihatinkan. “Angka kemiskinan makin tinggi, lapangan pekerjaan sangat sulit didapatkan. Angka pengangguran terbuka kian melejit, petani dan nelayan menjerit. Ini yang akan kita prioritaskan jika saya diberi mandat menjadi pelayan masyarakat Jateng,” jelas Ferry.

Terpisah, Sudirman Said menegaskan sampai saat ini terus berkomunikasi dengan sejumlah parpol untuk mendapat dukungan sebagai calon. Yaitu dengan Gerindra, PKS, dan PAN. Tapi untuk parpol lain diakui belum seintensif tiga parpol tersebut.

Saat ditanya apakah dirinya tetap menargetkan sebagai calon gubernur, bukan wakil gubernur, Sudirman menjawabnya dengan isyarat. Bahwa kehadirannya dalam kontestasi Pilgub Jateng ini adalah untuk memberikan sumbangsih yang lebih besar pada kemajuan Jateng. “Yang terbaik tentu kan yang punya otoritas penuh (gubernur), sehingga segala ide bisa dimaksimalkan. Tapi intinya kerjasama dengan siapapun saya siap,” katanya.

Sementara jika dirinya ditunjuk parpol-parpol menjadi calon gubernur, Sudirman mengaku, sosok wakil gubernur yang ideal adalah orang yang memiliki akar atau jaringan kuat di Jateng. baik bidang politik maupun lainnya. (amh/ric)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here