Ambil Pakaian Sepuasnya, Bayar Seikhlasnya

149
DESAK-DESAKAN: Bazar pakaian pantas pakai yang digelar Komunitas Sedekaholic di Balai Desa Galih, Kecamatan Gemuh, kemarin (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG).
DESAK-DESAKAN: Bazar pakaian pantas pakai yang digelar Komunitas Sedekaholic di Balai Desa Galih, Kecamatan Gemuh, kemarin (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG).

KENDAL—Ratusan warga Kendal menyerbu bazar pakaian pantas pakai yang digelar komunitas Sedekaholic di Balai Desa Galih, Kecamatan Gemuh, Minggu (29/10) pagi. Warga bisa mengambil pakaian sesuka hatinya dengan membayar seikhlasnya.

Relawan Sedekaholic Kendal Lilik AlFaiz mengatakan, bazar ini merupakan cara untuk mengajak warga bersedekah. Namun dikemas bazar agar warga mau mengeluarkan uang dan mendapatkan hal yang ia suka. “Hasil dari bazar pakaian pantas pakai ini sepenuhnya untuk sedekah,” ujarnya.

Pakaian pantas pakai dalam bazar ini merupakan sumbangan dari donatur dan dikumpulkan komunitas Sedekaholic Kendal. “Tidak ada batasan warga mengambil pakaian pantas pakai ini, karena tujuan bazar ini adalah berbagi dengan mereka yang membutuhkan. Pakaian yang digelar dalam bazar ini layak pakai dan sebagian baru,” katanya.

Agar lebih tepat sasaran, komunitas ini menggelar bazar yang dilakukan berkeliling Kabupaten Kendal. Selama ini, pakaian pantas pakai yang disumbangkan ke korban bencana alam terkadang banyak yang tidak terpakai. “Karena pakaian yang disumbangkan terkadang tidak sama dengan yang dibutuhkan. Dengan bazar pakaian pantas pakai ini, warga bisa memilih yang cocok dan bisa dibawa pulang. Tapi sekali lagi warga yang mengambil pakaian ini tidak harus membayar, intinya ini adalah bazar sedekah, hasilnya juga untuk sedekah,” tambahnya.

Kades Galih Akhmad Saiku berterima kasih kepada komunitas sedekah ini karena dapat membantu warganya yang membutuhkan pakaian. “Selain membantu warga kurang mampu warga juga diajarkan untuk bersedekah dengan menyumbang seikhlasnya,” katanya.

Selain bazar pakaian pantas pakai, juga digelar bagi-bagi bubur kacang hijau di Masjid Agung Kendal. Gerobak bubur kacang hijau yang digunakan langsung diserbu jamaah salat subuh dan warga di sekitar Masjid Agung Kendal. Setidaknya 300 porsi bubur kacang hijau disiapkan komunitas sedekah ini dibagikan.

“Biasanya kita membagikan nasi bungkus berkeliling Kendal, Kaliwungu, Gemuh, Weleri dan Sukorejo setiap Jumat pagi. Namun kali ini selain berkeliling membagikan nasi bungkus, kita membawa gerobak bubur kacang hijau untuk mangkal di halaman masjid,” jelas Relawan Sedekaholic Sugiarto. (bud/ton)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here