218 Penderita Katarak Kini Bisa Melihat

133
DIPERIKSA: Peserta operasi katarak gratis diperiksa oleh tim medis, sebelum menjalani tindakan di RSUD Temanggung, Sabtu (4/11) lalu (AHSAN FAUZI/JAWA POS RADAR KEDU).
DIPERIKSA: Peserta operasi katarak gratis diperiksa oleh tim medis, sebelum menjalani tindakan di RSUD Temanggung, Sabtu (4/11) lalu (AHSAN FAUZI/JAWA POS RADAR KEDU).

TEMANGGUNG—Sebanyak 218 penderita katarak menjalani operasi gratis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Temanggung, Sabtu (4/11) akhir pekan lalu. Dari 218 penderita katarak itu, 201 orang merupakan warga Temanggung. Sedangkan 17 orang lainya, warga luar Kota Tembakau.

Kegiatan tersebut terselenggara atas kerja sama Pemkab setempat dengan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia.

Dirjen Badan Peradilan Umum (Badilum) Mahkamah Agung Herry Swantoro menyampaikan, selain operasi katarak, juga digelar operasi gratis bagi penderita hernia dan bibir sumbing. Untuk operasi hernia, diikuti 32 orang. Sedangkan bibir sumbing diikuti empat orang.

“Dengan bakti sosial ini, masyarakat Temanggung bisa menikmati layanan kesehatan secara gratis. Yang menderita katarak, bisa melihat kembali. Bagi penderita hernia dan bibir sumbing, bisa sehat atau normal kembali,” ucap Agung di sela kegiatan.

Dokter Andreas , selaku ketua tim medis menuturkan, pihaknya menerjunkan 12 dokter bedah dan 13 dokter spesialis mata dari Jakarta. “Selain kita terjunkan tim medis dari Jakarta, kita juga dibantu tim medis dari RSUD Temanggung.”

Sukirno, 58, warga peserta operasi katarak warga Kranggan Temanggung, mengaku senang bisa mengikuti operasi katarak gratis. “Saya sudah lama ingin operasi, namun terkendala biaya. Sekarang mumpung ada operasi katarak gratis, ya langsung ikut.” (san/isk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here