Solusi Guru Mudah Naik Pangkat

46
Oleh: Titi Priyatiningsih
Oleh: Titi Priyatiningsih

PAK Ahmad kembali menahan kecewa, usulan kenaikan pangkat melalui perhitungan angka kreditnya dinyatakan belum mencukupi untuk bisa naik golongan dari IIId ke IVa. Sebagai seorang guru, Pak Ahmad tidak sendirian. Data tim penilai PAK (Penilaian Angka Kredit) setiap tahun sebanyak 5000 guru pengusul kenaikan pangkat, hanya sekitar 20% yang berhasil lolos naik pangkat.

Masalah kenaikan pangkat guru sekarang ini bukan saja didominasi guru dengan pangkat IVa saja, tetapi sudah dialami guru dari pangkat IIIa. Hal ini disebabkan adanya persyaratan PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) yang bervariasi sesuai jenjang kepangkatannya. Tidak terpenuhinya angka kredit dari unsur pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif yang menjadi kendala utama guru tidak bisa naik pangkat

Secara umum rendahnya guru untuk naik pangkat ke jenjang lebih tinggi karena kurangnya pemahaman guru dalam mengembangkan PKB sesuai kebutuhan. Sementara itu masih banyak ditemukan karya tulis guru yang disusun tidak ada keterkaitannya dengan pengembangan profesinya. Saat ini pemahaman guru tentang karya pengembangan profesi adalah karya tulis ilmiah berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pada hal banyak pilihan karya tulis ilmiah yang dapat memfasilitasi guru sesuai angka kredit yang dibutuhkan.

Artikel ilmiah populer merupakan salah satu dari unsur publikasi ilmiah yang penulisannya tergolong sederhana bila dibandingkan dengan jenis publikasi ilmiah lainnya.  Artikel ilmiah populer adalah tulisan yang biasanya mengupas tentang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pendidikan, pertahanan, keamanan, ilmu pengetahuan, dan teknologi informasi yang lagi tren dan menjadi perhatian masyarakat. Tulisan ini tidak semata-mata memberitahukan tentang kejadian dan informasi seputar peristiwa yang menjadi topik, tetapi disertai dengan pembahasan secara objektif dari penulis.

Pembahasan yang objektif dapat didasarkan pada kajian teori dari pendapat para ahli, pakar, atau praktisi atau cara berfikir logis, hasil pengamatan, pengalaman empiris, penelitian atau kajian penulis. Sehingga pembahasan tidak sekedar opini atau pendapat pribadi penulis. Artikel ilmiah populer dapat digunakan untuk mengungkapkan pemikiran, pandangan-pandangan, gagasan–gagasan secara objektif dari penulisnya. Oleh karena itu artikel ilmiah populer tidak sekedar berisi informasi untuk diketahui pembaca, tetapi juga digunakan sebagai dasar berfikir dan bertindak dalam menghadapi suatu permasalahan masyarakat.

Agar memperoleh angka kredit guru yang menulis artikel ilmiah populer itu harus memenuhi kriteria antara lain yang pertama tulisannya membahas masalah pendidikan sekolah formal yang belum ditulis orang lain, kemudian tulisannya merupakan satu kesatuan atau jika dimuat secara berseri atau bersambung hanya dapat dinilai sekali. Ketiga, bukti fisik yang harus disertakan dalam pengajuan PAK tahunan berupa guntingan klipping tulisan artikel ilmiah populer yang dimuat media massa dan telah mendapatkan pengesahan dari atasan langsung atau kepala sekolah. Dan terakhir, jika tulisan artikelnya berupa fotocopy, maka harus dilengkapi surat pernyataan atasan langsung atau kepala sekolah yang menyatakan keaslian artikel ilmiah populer yang dimuat media massa tersebut.

Dengan demikian menulis artikel ilmiah populer dapat diprediksi menjadi salah satu alternatif PKB sesuai dengan kebutuhan guru. Hal ini untuk menghilangkan persepsi bahwa publikasi ilmiah meruapakan bagian dari PKB guru harus selalu PTK. (*/bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here