Kelelahan Kronis, Penyebab Loyo?

45

Tanya dr Andi:

Dok saya usia 39 tahun, sudah beberapa bulan ini kurang maksimal dalam ereksinya. Memang saya sering kecapekan dan mudah lelah. Saya sudah coba beberapa kali tapi gagal dalam berhubungan. Istri diam saja tapi saya khawatir kalau jadi masalah dalam rumah tangga kami. Bagaimana sebaiknya dok. Terimakasih.

(B di Smg)

Jawab dr Andi:

Kecapekan atau fatigue bisa menjadi penyebab banyak problem ereksi. Ini disebabkan karena adanya zat katekolamin yang merupakan hormon stress. Ini mengganggu proses ereksi akibat rusaknya zat nitrit oksida yang diperlukan selama ereksi tersebut.

Tanda dan dampak orang yang mengalami fatigue/kelelahan kronis: Sulit tidur nyenyak, terasa mengantuk yang berat pada pagi hari walau malamnya cukup tidur, muncul gatal-gatal atau alergi kulit, masalah dengan pencernaan, terkadang perut sakit, kurang nafsu makan/turun berat badan, menurunnya gairah seks, sering sakit kepala atau kepala terasa berputar (vertigo), emosi tidak stabil dan gampang tersinggung, dan tidak dapat berkonsentrasi.

Untuk mengatasi kelelahan yang kronis, bisa dengan: 1) Menjadwalkan istirahat yang cukup. Ini perlu disiplin. Janganlah mengorbankan waktu istirahat untuk pekerjaan yang lain. 2) Relaksasi progresif. Ini bisa dilakukan dengan tidur telentang dan mengendurkan seluruh otot dari ujung rambut sampai unjung kaki dengan sistematis. Memang perlu pelatih juga untuk bisa relaksasi seperti ini. 3) Untuk ereksi yang kurang maksimal, perlu dianalisa bagaimana kondisi syaraf, pembuluh darah dan hormon anda. Ini bisa lewat pemeriksaan laboratorium dan klinis. 4) Makanan yang seimbang: sayur dan buah, serta mengurangi makanan yang berlemak, manis dan terlalu asin. 5) Istri juga perlu membantu dalam bentuk dukungan. Jangan malah si istri menjadi orang yang menambah masalah suami. Untuk itu mungkin perlu ada bantuan dari profesional atau dokter.   (www.dokterAndi.com)

Kepustakaan:

Dennis TK, Patricia RH, Christopher SC ,et al. β-Blocker Therapy and Symptoms of Depression, Fatigue, and Sexual DysfunctionJAMA. 2002;288(3):351-357.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here