Bangun Budaya Saling Bekerjasama

48
BERSAMA TIM : Yuni selalu menumbuhkan budaya saling bekerjasama serta bahu membahu dengan baik (Nurchamim/jawa pos radar semarang).
BERSAMA TIM : Yuni selalu menumbuhkan budaya saling bekerjasama serta bahu membahu dengan baik (Nurchamim/jawa pos radar semarang).

Belasan tahun berkecimpung di bisnis perhotelan, Yuni menyadari bahwa keberhasilan suatu hotel tidak lepas dari kerjasama antar divisi. Oleh karena itu, ia selalu menekankan untuk menumbuhkan budaya saling bekerjasama, serta bahu membahu dengan baik.

“Dalam perhotelan tidak ada departemen yang benar-benar berdiri sendiri. Masing-masing akan saling terkait. Oleh karena itu, jika satu departemen sudah selesai dengan tugas mereka, tapi departemen lain masih kewalahan, ya ayo kita bantu. Jangan langsung berlenggang pulang, karena itu akan bergantian,” ujarnya.

Selain itu, kepedulian dengan sesama rekan kerja juga perlu diutamakan. Memang, pelayanan untuk customer menjadi yang utama. Namun bagi Yuni, sebagai pekerja hotel, klien bukanlah hanya sebatas pada tamu, tapi juga sesama rekan kerja.

“Saya selalu tekankan, bahwa klien kalian bukan hanya customer, teman-teman dari berbagai departemen juga termasuk klien. Kalau rekan-rekan kerja ini tidak bahagia, artinya kalian tidak bekerja dengan baik. Karena salah satu keutamaan berkecimpung di bidang hospitality ya membuat orang lain bahagia, orang lain nyaman,” ujarnya.

Sedangkan untuk menjaga eksistensi suatu hotel, diakui Yuni juga bukan merupakan hal yang mudah dan instan. Strategi yang tepat perlu diterapkan. Mulai dari menanamkan brand hingga menjaga kualitas pelayanan.

“Aston Inn Pandanaran ini lokasinya cukup strategis, di tengah kota dengan berbagai fasilitas. Tapi itu saja tidak cukup, kita harus benar-benar memberikan pelayanan sesuai standar yang sudah ditetapkan. Sehingga tamu juga merasa antara apa yang ia bayarkan dengan apa yang ia dapat cukup sesuai, bahkan lebih. Jadi ke depan mereka tetap menggunakan jasa kami,” ujarnya. (dna/ric)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here