Kenang Masa Kuliah Sambil Kerja

320
Muhammad Farhan (DHINAR SASONGKO/JAWA POS RADAR SEMARANG).
Muhammad Farhan (DHINAR SASONGKO/JAWA POS RADAR SEMARANG).

SALATIGA–Upaya maksimal telah dilakukan Asisten Penghubung Komisi Yudisial (PKY) Jateng Muhammad Farhan sejak masa kuliah. Bapak satu anak ini harus bekerja sembari kuliah saat menyelesaikan program S1 di Fakultas Syariah jurusan Hukum Keluarga Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.

Selain kuliah, Farhan bekerja sebagai tenaga honorer di Pengadilan Agama Salatiga dengan bertugas sebagai pengelola website serta staf kepaniteraan. Meski harus berangkat dari rumahnya di daerah Suruh, Kabupaten Semarang, namun ia bisa membagi waktu antara kuliah dan bekerja. Sejak kecil Farhan memang telah terbiasa bekerja untuk meringankan beban orang tua.

”Saya menjadi honorer dan bertugas pengelola administrasi website dan pada 2011 dan 2012. Website PA Salatiga terpilih menjadi yang terbaik (juara I) tingkat Jateng maupun nasional. Juara diperoleh karena website yang dikelolanya itu isinya lengkap mengenai persidangan,” jelas Farhan di ruang kerja Dekan Fakultas Syariah IAIN Salatiga, Jumat (3/11) siang.

Hingga selesai kuliah, pria yang hobi membaca buku ini mendapatkan informasi ada lowongan pekerjaan di Komite Yudisial. Akhirnya ia memberanikan diri melamar. Meski jumlah pelamar tercatat ada 600 dan mayoritas bergelar S2, tanpa dinyana, ia dinyatakan diterima mengisi salah satu dari empat lowongan yang dibuka.

“Ternyata ilmu yang diperoleh semasa kuliah banyak membantu dan memiliki pangsa lapangan kerja yang cukup luas,” terang suami Dewi Nur Wahida yang kini sedang mengejar gelar magister hukum di Universitas Semarang (USM) untuk menambah ilmunya.

Dekan Fakultas Syariah IAIN Salatiga Siti Zumrotun menyebutkan, langkah yang diraih Farhan adalah sebuah prestasi. “Kuliah di Fakultas Syariah, selain bekerja di kompetensinya seperti panitera atau hakim PA, tetapi ternyata bisa ke bidang lainnya,” jelas dia. (sas/ton)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here