Bupati Minta PPK Jaga Netralitas

170

UNGARAN – Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kabupaten Semarang diminta netral saat ajang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng yang akan digelar pada 27 Juni 2018 mendatang.

“Kami mohon PPK bersikap netral, dengan kenetralan insyallah wilayah Kabupaten Semarang akan kondusif saat Pilgub Jateng,” ujar Bupati Semarang Mundjirin usai pelantikan PPK Kabupaten Semarang, Jumat (3/11).

Sikap netral yang ditunjukkan oleh PPK tersebut, akan membuat kondisi Kabupaten Semarang menjadi lebih kondusif.

“Kalau ada satu saja anggota PPK tidak netral sangat mengkhawatirkan. Saya berharap Pilgub Jateng tanggal 27 Jui 2018 nanti bisa berjalan sukses dan aman,” katanya.

Mundjirin juga meminta PPK bersikap adil dalam menghadapi semua kontestan termasuk dengan partai politik (Parpol). Menurutnya, ajang Pilgub menjadi percuma dilakukan apabila kondusifitas wilayah tidak bisa terjaga dengan baik. Banyak pemicu terjadinya ketidak kondusifitasan sebuah wilayah saat Pilgub. Diantaranya yaitu sikap PPK.

“Percuma membangun apapun kalau kita semua tidak bertekad menjaga kondusivitas dan keamanan,” ujarnya.

Selain itu, Mundjirin juga meminta masyarakat Kabupaten Semarang supaya ikut berpartisipasi dalam ajang tersebut. Sejauh ini tingkat partisipasi masyarakat di Kabuapten Semarang sudah mencapai 70 persen. “Kalau 100 persen mungkin sulit, siapa tahun ke depan bisa meningkat menjadi lebih dari 80 atau 90 persen,” ujarnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Semarang, Guntur Suhawan juga menegaskan anggota PPK menjaga netralitas dan independensinya. Pada kesempatan itu sebanyak 95 anggota PPK di Kabupaten Semarang dilantik.

Pilkada serentak 2018 menjadi bagian pemanasan menuju Pemilu 2019. Karena dari 171 pilkada di seluruh Indonesia, sudah hampir 70 persen pemilih mengikuti pilkada 2018. “Jadi, siapa pun yang akan memperoleh suara optimal pada pilkada 2018 akan menjadi  modal utama pemilu 2019,” ujarnya.

Sehingga panitia penyelengga pemilu pada momentum tersebut, lanjtutnya, akan dijui netralitas dan independensinya. Untuk pelaksanaan Pilgub Jateng 2018 KPU Kabupaten Semarang mendapatkan anggaran sekitar Rp 34 miliar.

“Anggaran terbesar hampir 60 persennya untuk PPK, PPS dan KPPS. Sehingga kesekretariatan PPK harus segera terbentuk agar kita bisa melakukan pemindahan anggaran ke PPK,” katanya. (ewb/zal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here