Siapkan Siswa Jadi Tenaga Kerja Profesional

107
KUNJUNGAN: Anggota DPR RI Mujib Rohmat saat melakukan kunjungan di MAN Kendal, kemarin (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG).
KUNJUNGAN: Anggota DPR RI Mujib Rohmat saat melakukan kunjungan di MAN Kendal, kemarin (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG).

KENDAL—Sekolah maupun guru diminta menyiapkan siswa untuk menjadi tenaga kerja profesional. Apalagi Kawasan Industri Kendal (KIK) telah dibuka dan akan menyerap puluhan ribuan tenaga kerja.

“Jika KIK nanti sudah berdiri semua, praktis akan ada ratusan perusahaan yang berdiri. Tentu hal itu akan membutuhkan tenaga kerja yang banyak. Kalau dari daerah tidak bisa memberikan pekerja yang berkualitas serta profesional, maka kita warga Kendal hanya akan jadi penonton,” kata Anggota DPR RI Komisi X Mujib Rohmat saat memberikan motivasi kepada guru dan siswa di MAN Kendal, Kamis (2/11).

Selain pelajaran, siswa harus diberikan keterampilan yang mendukung industri. Selain itu juga harus dibekali dengan kemampuan bahasa asing. Sebab rata-rata perusahaan yang berdiri di KIK adalah perusahaan internasional. “Paling tidak siswa lancar berbahasa Inggris dan Jepang,” tandasnya.

Hal tak kalah penting, adalah guru harus bisa memotivasi siswanya untuk bisa melanjutkan pendidikan minimal sarjana. Sehingga bisa ketika kerja bisa mendapatkan posisi jabatan yang bagus. “Jangan sampai orang Kendal ini di KIK cuma jadi satpam atau buruh pabrik saja,” jelasnya.

Kepala MAN Kendal Syaefudin mengatakan, selain pelajaran, siswa juga dibekali keterampilan lainnya. Seperti komputer, otomotif, elektronik, menjahit dan sebagainya. Sehingga lulusan MAN tak kalah dengan lulusan-lulusan dari sekolah kejuruan. “Malah banyak siswa kami yang sudah lulus mendirikan bengkel, kerja di perusahaan otomotif. Justru dari perusahaan otomotif itu memilih lulusan dari MAN, karena selain terampil juga akhlaknya baik,” katanya.

Namun sayangnya, kondisi ruang unit praktik siswa saat ini dalam kondisi rapuh. Beberapa atap eternit jebol sehingga butuh untuk segera dipugar. “Harapan kami gedung lab siswa ini bisa segera direhab, sehingga praktik siswa bisa lebih maksimal,” harapnya. (bud/ton)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here