PKB Bakal Merapat ke PDIP

160

SEMARANG – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) terus berkomunikasi intensif dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk menjalin koalisi menghadapi Pilgub Jateng, 2018 mendatang.

Wakil Ketua DPW PKB Jateng, Hendri Wicaksono mengatakan, sejauh ini PKB sudah memiliki nama yang akan dicalonkan sebagai bakal calon gubernur yaitu Marwan Jafar. Nama tersebut akan ditawarkan ke dalam koalisi. Tapi karena hanya memiliki 13 kursi di DPRD Jateng, atau tidak bisa mengusung paslon sendiri, maka dalam koalisi tentu akan ada kompromi politik.

“Meski kewenangan rekomendasi ada di pusat, tapi kita di daerah juga sudah berkomunikasi intensif dengan semua parpol untuk menjajaki peluang koalisi. Terutama dengan PDIP,” kata Ketua Fraksi PKB DPRD Jateng ini, Kamis (2/11).

Mengenai posisi sebagai calon gubernur ataupun wakil gubernur, hal itu diserahkan dalam keputusan di koalisi nantinya. “Calon kami Marwan Jafar selama ini sudah terus bersosialisasi ke semua daerah di Jateng dan semua kalangan. Di antaranya elemen nelayan, petani, kalangan pondok pesantren, ulama, dan tokoh masyarakat,” tegasnya.

Sementara itu, Pengamat Politik dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, M Yulianto menilai, partai yang hanya punya sedikit kursi di DPRD Jateng bakal terus menjalin komunikasi antarparpol untuk mencari koalisi. Menurutnya, meski partai besar sudah merasa punya cukup kekuatan, tapi tidak menutup kemungkinan merangkul partai menengah kecil. Jika itu terjadi, dipastikan jumlah pasangan calon yang meramaikan bursa Pilgub bakal terbatas.

Melihat dari pengalaman-pengalaman sebelumnya, Yuli menilai, koalisi dengan banyak partai justru tidak efektif karena tidak menjamin kemenangan pasangan calon. Banyaknya jumlah partai dalam satu koalisi justru mempersulit komunikasi dan koordinasi. Menciptakan solidaritas kebersamaan jadi terasa berat.

“Ada juga kemungkinan partai menengah kecil tidak mengusung paslon dan juga tidak berkoalisi. Hanya menjadi penonton saja,” tandasnya. (amh/zal)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here