Masyarakat Diminta Aktif Mengawasi

143
SOSIALISASI: Panwaskab Demak gelar sosialisasi pengawasan berbasis partisipatif di Hotel Amantis (Wahib pribadi/jawa pos radar semarang).
SOSIALISASI: Panwaskab Demak gelar sosialisasi pengawasan berbasis partisipatif di Hotel Amantis (Wahib pribadi/jawa pos radar semarang).

DEMAK-Panwaskab menggandeng perguruan tinggi (PT) untuk melakukan pengawasan secara partisipatif dari elemen masyarakat. Ini diperlukan supaya pengawasan terhadap tahapan pemilihan umum maupun pemilihan gubernur (pilgub) dapat terkontrol secara baik.

Demikian yang mengemuka dalam sosialisasi pengawasan partisipatif yang digelar Panwaskab Demak di Hotel Amantis, Kamis (2/11). Hadir sebagai narasumber dalam acara ini anggota Panwaskab Demak Ulin Nuha dan aktivis Jaring Pengawas Pemilu dan Advokasi Demak Mat Zudi.

Ketua Panwaskab Demak Khoirul Saleh menegaskan, dalam pemilu termasuk pilgub ini, masyarakat dapat berperan aktif dalam pesta demokrasi tersebut. ”Mereka dapat memberikan informasi kepada panwas jika ada pelanggaran atau tahapan pemilihan yang tidak sesuai dengan aturan perundang-undangan atau regulasi yang ada. Dengan demikian, kita berharap masyarakat dapat berperan aktif,” katanya.

Menurutnya, pengawasan dapat dilakukan seperti saat tahapan pemutakhiran data pemilih. Jangan sampai ada data pemilih yang ganda atau data pemilih yang mestinya tidak tercantum justru tercatat dan sebaliknya. “Misalnya juga pengawasan terhadap PNS atau ASN termasuk TNI/Polri dan penyelenggara pemilu yang dinyatakan tidak boleh masuk sebagai anggota partai politik (parpol) untuk memenuhi syarat minimal 1.000 jumlah penduduk. Jadi, pengawasan ini diperlukan,” katanya. (hib/ton)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here