Laba Bisnis Otomotif Astra Tumbuh 10 Persen

292

SEMARANG – Laba bersih bisnis otomotif PT Astra Internasional, Tbk tumbuh sebesar 10 persen. Yaitu dari Rp 5,9 triliun pada September tahun lalu menjadi Rp 6,6 triliun pada periode yang sama di tahun ini.

“Pertumbuhan terutama disebabkan oleh kenaikan penjualan mobil dan motor, meskipun terjadinya peningkatan tekanan pemberian diskon di pasar mobil,” ujar Presiden Direktur PT Astra Internasional, Prijono Sugiarto dalam siaran persnya.

Pada periode ini, penjualan mobil oleh Astra Grup meningkat 5 persen menjadi 444.000 unit. Sedangkan penjualan mobil secara Nasional hanya meningkat 3 persen menjadi 804.000 unit. Hal ini menghasilkan peningkatan pangsa pasar dari 54 persen menjadi 55 persen.

“Pertumbuhan penjualan mobil salah satunya juga didongrak oleh peluncuran sembilan model baru dan sepuluh model revamped selama periode ini,” ujarnya.

Kemudian untuk penjualan sepeda motor dari PT Astra Honda Motor (AHM) mengalami peningkatan sebesar 2 persen menjadi 3,2 juta unit. Peningkatan salah satunya dipicu oleh peluncuran tujuh model baru dan empat belas model revamped selama periode ini.

“Penjualan sepeda motor nasional pada periode ini tidak mengalami perubahan yaitu sebanyak 4,3 juta unit. Hal tersebut mengakibatkan peningkatan pangsa pasar AHM dari 73 persen menjadi 75 persen,” ujarnya.

Pertumbuhan juga terjadi pada bisnis komponen Grup yang mencatat peningkatan laba bersih sebesar 30 persen menjadi Rp370 miliar. Peningkatan didukung oleh peningkatan kontribusi dari perusahaan ventura bersama dan entitas asosiasi yang mencatat kenaikan jumlah penjualan. (dna/bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here